Alam Kurang Bersahabat KUA Seluma Utara Tetap Harus Sukses Istiwa A’zam

Seluma ( Humas )-Fenomena matahari di atas Ka’bah atau yang dikenal  atau yang dikenal dengan sebutan istiwa A’zam atau Rashdul Kiblat itu jatuh pada hari ini Senin (27/5)) yang bertepatan dengan musim haji periode 1445 Hijriyah.

Istiwa A’zam adalah saat dimana matahari akan melintas tepat  di atas Ka’bah. Maka pada momen itu arah kiblat searah dengan matahari. Hal ini ditandai dengan bayang-bayang benda tegak lurus yang akan membelakangi arah kiblat.

Sehubungan dengan adanya peristiwa Istiwa A’zam ini, para pejabat KUA Seluma Utara Riyyan Patta Wijaya sebagai Plt, menyampaikan kita harus mensukseskan ini, dan ini disambut baik oleh para pegawai kua, baik penyuluh maupun penghulu dan pegawai stap lainnya.

Tindak lanjutnya yaitu pelaksanaan pada hari senin tanggal 27 mei 2024 pukul 16.18 WIB para pegawai membina para pengurus masjid melaksanakan pengukuran arah kiblat melalui peristiwa Istwa A’zam. Pada pagi harinya cuaca alam sangat bersahabat, tetapi berjalannya waktu pas pukul 16.18 cuaca berubah menjadi mendung sehingga bayangan benda yang diharapkan sebagai petunnjuk arah kiblat tidak ditemukan, praktik ini dilakukan oleh para pegawai Kua di Masjid Al-Ikhlas Kel.Puguk.

Seluma utara yang terdiri dari 8 desa dan satu kelurahan hampir seluruhnya memiliki cuaca yang sama , Cuma satu desa yang bisa melihat bayang bayang yaitu masjid Desa Lubuk Resam, kondisi cuaca yang Hujan Panas. (Eka/Mdt)


TERKAIT

Berita LAINNYA