Tradisi Yasinan dan Tahlilan Warga Desa Kungkai Baru Binaan KUA Kecamatan Air Periukan

Seluma (Humas)- Malam Jum'at merupakan malam yang istimewa dan penuh keberkahan. Bahkan dalam banyak riwayat hadis Shohih hari Jum'at merupakan rajanya hari-hari (sayyidul ayyam). Termasuk di malam Jum'at, terdapat waktu mustajab untuk melantunkan do'a. Umumnya, warga Nadhiyyin Desa Kungkai Baru menggunakannya dengan mengisi kegiatan dengan membaca Yasin, Tahlil dan ditutup dengan do'a, yang dikhususkan untuk para arwah. 

Hal ini, sebagaimana nampak pada gambar, yakni pada Jum'at malam setelah isya (20-06-2024). Masyarakat Desa Kungkai Baru, yang didampingi oleh Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Air Periukan, M. Wahid Syafiuddin, M.Ag gelar kegiatan rutin tersebut. Adapun pelaksanaan tradisi Yaisn dan Tahlil ini dilakukan secara bergilir dari rumah-rumah warga dan anggota Yasinan.

H. M. Hamdani, MZ, selaku pembina kelompok Yasinan menyebutkan bahwa selain kegiatan rutinan Yasin dan Tahlil, juga diselingi dengan kultum singkat, seputar persoalan ibadah dan muamalah. Di lain pihak, Tohirin, selaku koordinator pun menambahkan bahwa di akhir sesi kegiatan diadakan arisan rutin. Ini semua, tutur Tohirin, dipergunakan bagi ahli rumah yang mengilir yasinan, termasuk juga dipergunakan untuk kegiatan sosial, seperti jika terdapat anggota yang tengah sakit dan mengalami musibah.

Kepala KUA Kecamatan Air Periukan, Harun, mengapresiasi kegiatan bimbingan dan penyuluhan yang dilakukan oleh M. Wahid Syafiuddin, dimana merupakan upaya menjaga dan melestarikan tradisi baik, sebagi identitas masyarakat Muslim yang taat beribadah dan berdo'a, termasuk mendo'akan para arwah. (Eka/MWS)


TERKAIT

Berita LAINNYA