Rapat Koordinasi, Kemenag Kepahiang Harap Pemulangan Jemaah Haji Tahun 1445H/2024M Berjalan Baik dan Efisien

Rapat Koordinasi, Kemenag Kepahiang Harap Pemulangan Jemaah Haji Tahun 1445H/2024M Berjalan Baik dan Efisien

Kepahiang (Humas) --- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) memenuhi undangan Sekretariat Daerah Kabupaten Kepahiang dalam rangka Rapat Koordinasi Pemulangan Jemaah Haji tahun 1445H/2024M, Jumat (21/06/2024).

Kegiatan ini dipimpin oleh Staf Ahli Bupati Kepahiang dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (KESRA) dan dihadiri oleh perwakilan stakeholder terkait pemulangan jemaah haji Kabupaten Kepahiang di tahun 2024. Pihak yang hadir diantaranya Kementerian Agama, POLRES Kepahiang, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Satpol PP. Kementerian Agama Kepahiang sendiri diwakili oleh Kepala Subbagian Tata Usaha, Abdullah, S.Ag., dan Kepala Seksi PHU, Harlen Devis Munandar, S.Sos.I., M.Ag.

Adapun agenda rapat berfokus pada persiapan lokasi Masjid Agung Baitul Hikmah Kabupaten Kepahiang dan sekitarnya serta prosedur pemulangan jemaah. Dalam rapat, forum menyetujui untuk memprioritaskan area lokasi dan sekelilingnya untuk ditertibkan agar lalu lintas jemaah berjalan baik pada hari yang dijadwalkan yakni 27 Juni 2024. Parkir keluarga yang menjemput juga akan ditertibkan difokuskan pada halaman kantor DPRD, halaman Kantor Bupati serta jalan menuju kompleks perkantoran Klobak.

Ditemui usai rapat Kepala Seksi PHU menyebut bahwa selain teknis penjemputan, pihaknya dan Dinas Kesehatan juga menekankan pentingnya untuk memprioritaskan kondisi kesehatan jemaah, terutama jemaah yang dalam keadaan kurang sehat serta jemaah yang secara khusus mendapatkan rekomendasi kesehatan dari pemerintah Arab Saudi karena kondisi kesehatan tertentu. Penambahan jumlah personil petugas juga sangat diharapkan menurut Harlen.

“Selain kondisi fisik, kita juga harus memikirkan kondisi psikologis jemaah pasca ibadah haji. Tentunya secara emosional merasakan rindu kepada pihak keluarga sehingga ada keinginan untuk segera bertemu dengan. Kita harus menjaga hal tersebut, menyiapkan sistem yang efisien agar pemulangan berjalan baik, tertib dan pertemuan dengan keluarga bisa berjalan lancar,” jelas Harlen.

Kepala Seksi PHU juga menambahkan bahwa terkait barang bawaan, koper tenteng akan dibawa oleh jemaah haji sementara koper besar akan dikondisikan dibawa secara kolektif menuju Kabupaten Kepahiang dan akan diatur sistem pengembaliannya kepada jemaah haji. Beliau juga berharap pelayanan pemulangan tahun ini bisa berjalan lebih baik, seluruh jemaah haji tiba di Kepahiang dalam keadaan sehat serta bahagia bisa berkumpul kembali dengan keluarga. (Lyanda)


TERKAIT

Berita LAINNYA