Pengawas Madrasah Pantau Kegiatan Matsama Pada MTsN 2 Bengkulu Tengah

MTsN 2 Bengkulu Tengah melaksanakan kegiatan Matsama yang dijadwalkan berlangsung selama empat hari, tanggal 15 – 18 Juli 2024

Bengkulu Tengah ( Humas ) - Tahun ajaran 2024/2025 telah dimulai. Mengawali KBM tahun ini, MTsN 2 Bengkulu Tengah melaksanakan kegiatan Matsama, yang dijadwalkan berlangsung selama empat hari, tanggal 15 – 18 Juli 2024. Acara pembukaan dilaksanakan Senin pagi (15/07/24), dihadiri oleh 44 siswa baru dan seluruh dewan guru MTsN 2 Bengkulu Tengah. Pengawas Madrasah, Roslaini, M.Pd. juga turun langsung untuk memantau jalannya kegiatan Matsama pada hari pertama.

Eva Liana, M.Pd.Mat, selaku Waka Kesiswaan sekaligus Koordinator Kegiatan Matsama, menyambut baik kunjungan dari Pengawas Madrasah. Ini menunjukkan adanya kepedulian Pengawas Madrasah terhadap perkembangan madrasah binaannya.

 

“Kita senang sekali kegiatan Matsama ini dihadiri oleh Bu Roslaini, Pengawas Madrasah kita. Tahun ini, kita mengangkat tema Ayo Berakhlak, dengan tujuan untuk memperkenalkan lingkungan dan keluarga besar MTsN 2 Bengkulu Tengah kepada siswa baru, serta membantu mereka dalam upaya menyiapkan diri untuk mengikuti proses pembelajaran di sekolah yang baru,” jabar Eva Liana, di sela-sela kesibukannya memandu siswa baru agar dapat beradaptasi dengan baik.

Eva Liana juga menegaskan bahwa kegiatan Matsama ini bukan hanya tentang Pengenalan Lingkungan Madrasah, tetapi juga diperkaya dengan materi mengenai Moderasi Beragama, Nilai-nilai Madrasah, serta Pengembangan Karakter Positif lainnya. Selain itu, Siswa kelas 8 dan 9 juga diberikan kegiatan khusus untuk menyiapkan diri sebelum mengikuti proses pembelajaran di tingkat kelas yang lebih tinggi. Kegiatan tersebut meliputi pengecekan hafalan Al–Qur'an, Pemantapan materi muhadharoh, serta Mempersiapkan suasana kelas yang kondusif bersama wali kelas.

 

Senada dengan Eva Liana, Roslaini, M.Pd. juga menyambut hangat kehadiran siswa baru melalui sambutan perkenalan sekaligus pembinaan dan pendampingan kepala madrasah dalam memberikan arahan, dengan harapan, agar setelah menjadi siswa di MTs ini, mereka nantinya dapat mengikuti kegiatan PBM dan juga kegiatan ekstrakurikuler yang disiapkan oleh madrasah sebagai ajang untuk mengenali serta mengembangkan bakat dan minat siswa.

Dalam sambutannya, Roslaini, M.Pd. menekankan pesan penting kepada siswa baru, “Posisi kita dalam kehidupan ada 4, yaitu Terbaik diantara yang terbaik,  Terburuk di antara yang terbaik, Terbaik di antara yang terburuk, Terburuk di antara yang terburuk. Nah, anak-anak sekalian, Dengan keempat pilihan di atas, sangat diharapkan kesadaran kalian nantinya bisa memposisikan diri di posisi yang sesuai harapan. Baik kalian yang masuk karena paksaan orang tua, diajak teman, diajak tetangga, ataupun yang memang masuk MTs ini karena keinginan sendiri.” (EyS)

 


TERKAIT

Berita LAINNYA