PAI KUA Pondok Kelapa isi Tausiah Peringatan Tahun Baru Islam Majelis Taklim Al-Hikmah

Penyuluh Agama Islam (PAI) Kantor Urusan Agama (KUA) Pondok Kelapa Sajuri, S.Pd.I menyampaikan tausiah pada pengajian rutin Majelis Taklim Al-Hikmah Desa Pekik Nyaring

Bengkulu Tengah (HUMAS) - Penyuluh Agama Islam (PAI) Kantor Urusan Agama (KUA) Pondok Kelapa Sajuri, S.Pd.I menyampaikan tausiah pada pengajian rutin Majelis Taklim Al-Hikmah Desa Pekik Nyaring, Senin (15/07).

Kegiatan tersebut dilaksanakan sekaligus dalam rangka peringatan tahun baru Islam 1446 Hijriyah. Kegiatan ini bertempat di Masjid Al-Mubarokah Dusun IV Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa dan dihadiri kurang lebih 70 jemaah terdiri dari Pengurus dan ibu-ibu anggota jemaah Majelis Taklim Al-Hikmah. Adapun acara diawali dengan pembukaan pembacaan Kalam Ilahi, Pembacaan Shalawat Badar, Sambutan Ketua Pengurus Majelis Taklim, Tausiyah peringatan Tahun Baru Islam, do'a bersama dan penutup.

Dalam isi tausiyahnya Sajuri menyampaikan tentang keutamaan puasa Tasu'a dan Asyura pada pada tanggal 9 dan 10 Muharram, kedua puasa ini memiliki keutamaan besar. Puasa Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram memiliki keutamaan luar biasa. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Nabi SAW bersabda: "Puasa hari Asyura, saya berharap kepada Allah agar dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu." 

Dengan berpuasa pada hari Asyura, seorang Muslim akan mendapatkan pengampunan dosa-dosa kecil yang dilakukan selama satu tahun sebelumnya. Begitu juga dengan melaksanakan Puasa Tasu'a pada tanggal 9 Muharram adalah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Nabi bersabda: "Jika aku masih hidup hingga tahun depan, aku akan berpuasa pada hari kesembilan (Tasu'a) dan kesepuluh (Asyura)."

Dengan melaksanakan Puasa Tasu'a dan Asyura tidak hanya mendatangkan banyak keutamaan dan keberkahan, tetapi juga menguatkan iman dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melalui moment ini Sajuri mengajak dan mengharapkan agar jemaah Majelis Taklim dapat melaksanakan puasa tersebut, "semoga kita semua diberikan kekuatan dan kesempatan untuk melaksanakan puasa Tasua dan Asyura tahun ini, serta mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT," tutup Sajuri. 


TERKAIT

Berita LAINNYA