PAI KUA Kecamatan Sukaraja Mengisi Tausiyah Peringatan Tahun Baru Islam Yang Diselenggarakan Oleh Mahasiswa KKN UIN FAS Bengkulu

Seluma (Humas) - Penetapan kalender hijriah ditetapkan pada masa Khalifah Rasyidin kedua yakni Umar bin Khatab. Setelah berdiskusi dengan sahabat lainnya, akhirnya ditetapkan bahwa Bulan Muharram menjadi bulan pertama hijriah ditandai dengan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad dari Makkah menuju Madinah pada tahun 622 Silam.

Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1446 H, mahasiswa KKN UIN FAS Bengkulu menyelenggarakan kegiatan peringatan tahun baru Islam di Masjid Nurul Iman Desa Niur Rabu (10/07) pukul 20:00Wib. Penyuluh Agama Islam Qomaroddin mengisi Tausiyah  dengan  tema “Jadikan Semangat Muharram Untuk Perubahan Yang Lebih Baik Menuju Indonesia Emas 2045".”.Di samping itu, peringatan ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk mempererat tali silahturahmi di antara masyarakat  Desa Niur dan mahasiswa KKN UIN FAS nantinya jika sudah selesai melaksanakan KKN di Desa Niur ini.

Qomaroddin selaku penceramah dalam kegiatan ini juga menyampaikan bahwa Muharram adalah bulan kemenangan para nabi dan bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, spirit yang dicontohkan nabi penting untuk diteladani terutama dalam hidup bersama di tengah keyakinan berbeda. Pada hakikatnya, Islam adalah agama yang moderat (wasathiyah) sehingga memiliki sifat moderat dengan memposisikan diri di tengah-tengah dapat menjadi salah satu bentuk dalam mewujudkan masyarakat madani. Dan tak lupa pula di sela-sela tausiyahnya Qomaroddin juga menyampaikan bahayanya bermain  judi online, karena banyak merugikan semua orang ataupun diri sendiri dan berakibat fatal.

Kegiatan yang diselenggarakan  oleh para mahasiswa KKN  UIN FAS Bengkulu  ini mendapat respon positif dari seluruh lapisan masyarakat, baik pemerintah, tokoh masyarakat dan para pemuda di Desa Niur. Mereka hadir membersamai dan menyediakan makanan yang akan dikonsumsi .Kades dan pengurus Masjid Nurul Iman Desa Niur  memberikan apresiasi yang besar terhadap mahasiswa KKN  UIN FAS Bengkulu  yang telah bekerja keras dalam membuat kegiatan peringatan tahun baru Islam. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan berkelanjutan. (Eka/ JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA