Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan RI Ke 79 Materi Yang Di Sampaikan Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Sukaraja

Seluma (Humas) – Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sukaraja  Dra. Halimah dalam menjalankan tugas dan kewajibannya membimbing ,membina,memberdayakan dan mengembangkan umat. Penyuluh Mengajak masyarakat berbuat lebih baik, harus amar ma'ruf nahi munkar, membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan.

 Seperti Materi yang disampaikan Halimah di Majlis TaklimAl-Barokah Kelurahan Sukaraja pada Hari ini Selasa 06/08  bakda Ashar. Dengan tema mensyukuri kemerdekaan dapat dilakukan dengan berbagai hal. Di antaranya yang pertama, mengisi kekosongan s dengan meningkatkan ketakwaan kepada Allah. Kemudian yang kedua, mencintai negeri ini dengan memperhatikan berbagai kemaslahatan dan kemudharataan bagi eksistensinya. Inilah perwujudan  dari sikap amar ma'ruf nahi munkar dalam pengertian yang luas.Manusia secara fitrah adalah merdeka. Bayi yang lahir ke dunia tidak hanya dalam keadaan suci tapi juga bebas dari segala bentuk ketertindasan.

Konsekuensinya, penjajah sebenarnya adalah proses pengingkaran akan sifat hakiki manusia. Oleh karena itu Islam mengizinkan membela diri ketika kezaliman menimpakan diri. Apalagi pada tingkat penjajah yang mengancam jiwa, umat Islam secara syar'i diperbolehkan mengobarkan perang. Perang dalam konteks ini adalah untuk kepentingan mempertahankan diri ( defensif ), bukan perang dengan motif asal menyerang ( ofensif ).

Kemerdekaan memang menjadi persoalan umat manusia secara keseluruhan, bukan hanya golongan tertentu. Islam mengakuinya sebagai nilai yang universal  mengakui hak atas keamanan tempat tinggal dan memperbolehkan melakukan pembelaan bila terjadi ancaman yang membahayakannya, tambahnya (Naf/JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA