Kunjungi Kantor Desa, PAI KUA Kecamatan Sukaraja Jalin Silaturahmi dan Jaring Keluhan Warga Perihal Keagamaan

Seluma (Humas),-  Penyuluh Agama Islam berperan dalam pengembangan masyarakat Islam. Indikasinya tampak pada aktivitas pengembangan masyarakat, yang meliputi kelompok binaan, metode, materi. Penyuluhan dilakukan dengan cara mentransformasikan pengetahuan agama dengan metode ceramah dan praktek ibadah. Masyarakat diharapkan mengetahui dan menyadari akan pentingnya mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Penyuluh Agama Islam di KUA Kecamatan Sukaraja terbilang cukup aktif berperan di lapangan. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya jumlah Majelis Taklim dan Taman Pendidikan Al-Qu’an yang ada di Kecamatan Sukaraja. Meskipun terbilang berjumlah sedikit, Penyuluh Agama Islam di KUA Kecamatan Sukaraja mampu menaungi desa binaan dengan metode pembagian wilayah kerja desa binaan pada masing-masing Penyuluh Agama Islam.

Selain melakukan penyuluhan pada beberapa Majelis Taklim dan Taman Pendidikan Al-Qur’an, Penyuluh Agama Islam juga dituntut mampu mengumpulkan data keagamaan dari setiap desa di wilayah Kecamatan Sukaraja dan mampu memberikan Solusi dalam permasalahan keagamaan. Oleh karenanya menjaga silaturahmi dengan kepala desa dan perangkat desa se-Kecamatan Sukaraja merupakan hal yang sangat penting, karena kedepannya akan memperlancar semua urusan yang berkaitan dengan desa tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh Fifih Nurlatifah pada Selasa pagi (30/07) kemarin. Fifih mengunjungi Kantor Desa Bukit Peninjauan II untuk bersilaturahmi dan menanyakan perihal adakah kendala yang dikeluhkan oleh masyarakat kepada pihak desa yang sekira berkaitan dengan Administrasi keagamaan. Sri Haryati selaku Kesra di Desa Bukit Peninjauan II menyampaikan bahwa kerap kali Majelis Taklim mengeluhkan perihal administrasi mereka yang belum lengkap dan beberapa permasalahan yang tidak bisa diselesaikan di Kantor Desa. “Silahkan hubungi saya untuk informasi terkait keagamaan dan KUA Sukaraja, jika tidak selesai dengan saya, nanti akan saya arahkan untuk datang ke KUA Sukaraja dan berkordinasi langsung dengan kepala KUA”. Ujar Fifih menambahkan.(Naf/fifi)


TERKAIT

Berita LAINNYA