Kolaboratif Guru dengan Siswa MIN 4 Seluma dalam Seni Suara dan Sastra Puisi

Seluma (Humas) - Kolaboratif berarti bersama atau kelompok, seperti belajar bersama atau pelatihan silang, jadi kolaboratif itu adalah bekerja sama secara keseluruhan. Seiring berjalannya waktu kemampuan kolaboratif untuk saat ini dianggap sebagai suatu kemampuan yang begitu penting dan harus dimiliki oleh setiap Tenaga pendidik. Hal ini karena kemampuan kolaboratif akan memberikan dorongan kerjasama dengan lebih baik bersama dengan guru dan siswa.

Metode kolaboratif ini sangat penting, untuk itulah diadakan kegiatan pada hari rabu, 29 Mei 2024 di Aula MIN 4 Seluma. Kegiatan ini dinamakan Pengembangan pembelajaran yang bertema “Kolaboratif Guru dengan Siswa MIN 4 Seluma dalam Seni Suara dan Sastra Puisi”. Kegiatan ini dibimbing oleh Yopi Jumiarti, S.Pd, Wike, S.Pd dan dibantu oleh guru lain di MIN 4 Seluma.

Pembimbing kegiatan ini menuturkan bahwa seni suara itu merupakan salah satu bentuk kreatifitas yang menggunakan media suara sekaligus menjadi bagian dari seni musik. Di zaman modern ini, seni suara sudah sangat di kenal dan menjadi fenomena tersendiri seperti yang dilakukan oleh guru dan siswa MIN 4 Seluma. Misalnya dalam lagu nasional atau lagu di acara tertentu. Dan dikolaborasikan dengan seni sastra, karena dapat dinikmati melalui media pendengaran dan penglihatan. Seni ini kerap diungkapan perasaan manusia dalam bentuk sastra dengan tutur kata dan tulisan. Contoh dari seni sastra adalah puisi. Kolaboratif ini terlihat ketika perpaduan antara musik, bernyanyi, dan saat intro diberikan syair dan puisi dari siswa yang kemudian puisi tersebut dibalas oleh guru. Hal ini membuat kegiatan menjadi kreatif, inovatif, dan menyenangkan.

Kepala MIN 4 Seluma Samsuriyadi berharap dan sangat mendukung kegiatan ini, karena dapat mengembangkan pembelajaran yang menggunakan metode kolaboratif antara guru dengan guru, dan siswa dengan guru dalam menciptakan kerjasama tim terutama dalam pelajaran SBDP dan Bahasa Indonesia. (Naf/E.w)


TERKAIT

Berita LAINNYA