Ketua PD IPARI Seluma Sekaligus PAI KUA Air Periukan Hadiri Acara Pengukuhan dan Raker PW IPARI Bengkulu

Seluma (Humas), Pengurus Daerah Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (PD IPARI) Kabupaten Seluma hadiri acara Pengukuhan Pimpinan Wilayah IPARI Provinsi Bengkulu, pada hari Senin (08-07-2024), pukul 07.30 sampai dengan selesai di Splash Hotel Bengkulu. Muklis, S.Ag (Pengarah), M. Wahid Syafiuddin, M.Ag (Ketua) dan Eva Suziana, S.Sos.I (Koordinator Bidang KUB) merupakan utusan dari Kabupaten Seluma, yang ditugaskan oleh Kasi Bimas Islam dan atas persetujuan Kakan Kemenag Kabupaten Seluma.

Kegiatan tersebut dimulai dengan pembukaan, pengukuhan pengurus wilayah dan diakhiri dengan sesi pembekalan materi keorganisasian serta rapat kerja pengurus. Hadir dalam pembukaan acara Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Kabid Penis Zawaf, Pembimas, panitia penyelenggara dan seluruh pengurus IPARI dari masingmasing Kabupaten dan Kota se-provinsi Bengkulu.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenag Provinsi, H. Muhammad Abdul, dilanjutkan dengan sambutan oleh Kabid Penis Zawaf, H. Arsan Suryani. Sementara pada sesi pembekalan materi keorganisasian diisi oleh Ketua MUI Provinsi, Prof. Dr. Rohimin terkait Konsolidasi Organisasi. Materi kedua, oleh Dosen UIN FAS Bengkulu, Dr. Wirahadikusuma terkait Peta Wilayah Dakwah.

Dua materi lainnya, yakni terkait Jejaring Sosial Dakwah dan Penguatan Sumber Daya Manusia disampaikan oleh Dr. Dedi (Dosen UMB), dan Drs. Paimat Solihin (Direktur Ponpes Pancasila). Kegiatan kemudian dilanjutkan oleh Ketua PW IPARI Provinsi Bengkulu, Drs. Siun Rohan, M.H.I dengan agenda rapat kerja dan penyusunan program kerja IPARI, baik ditingkat wilayah maupun di daerah.

M. Wahid Syafiuddin, mengatakan bahwa kegiatan pada hari ini merupakan langkah konkrit dari pembentukan Pengurus IPARI di provinsi Bengkulu, yang disahkan pada tahun 2023 lalu, untuk dikukuhkan pada hari ini. Ini juga menjadi sinyal positif bagi pengurus IPARI di level daerah atau kabupaten untuk bisa mengajukan proses pengukuhan serta penyusunan program kegiatan.

Hal ini juga senada dengan pernyataan, Muklis, S.Ag dan Eva Suziana, bahwa pasca kegiatan ini, PD IPARI Seluma akan memberikan laporan rencana tindak lanjut (RTL) kepada Kasi Bimas Islam Kemenag Seluma, Nanah Hermanto, M.H. Untuk selanjutkan IPARI Seluma dapat bergerak secara organisasi dan dapat menjalin sinergi dengan berbagai pihak, diantara instansi pemerintah, ormas dan lembaga-lembaga keagamaan lainnya, yang terkait dengan ke-penyuluhan. Karena IPARI adalah organisasi penyuluh lintas-agama. (Eka/MWS)


TERKAIT

Berita LAINNYA