Ka.Kankemenag: Manasik Haji, Bekal Ilmu Agar Jamaah Haji Siap Laksanakan Rangkaian Ibadah Haji

Seluma(Humas) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Seluma       H. Heriansyah, S.Ag., M.H  menghadiri sekaligus mengisi materi Kebijakan Pemerintah Indonesia Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah dalam kegiatan manasik haji  tahun 2024 yang bertempat di Ruang Mesjid Al Ikhlas BP 2 Sukaraja,  (18/3).

Ditemui usai kegiatan, Heriansyah menerangkan bimbingan manasik haji dilaksanakan dengan tujuan memberikan bekal ilmu pengetahuan kepada Jamaah Haji agar menjadi Jamaah Haji yang mandiri serta siap dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji. “Dengan mengikuti kegiatan manasik haji ini diharapkan menjadi bekal ilmu bagi Jemaah untuk nantinya melaksanakan haji,” ujarnya.

Ditambahkan pula oleh Heriansyah selain kegiatan manasik haji mandiri calon jamaah haji tahun 2024, nantinya pemerintah juga akan turut memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan dengan menyediakan layanan administrasi, bimbingan ibadah haji, akomodasi, transportasi, pelayanan kesehatan, keamanan dan hal lain yang diperlukan oleh jamaah haji. “Setelah kegiatan manasik haji mandiri jamaah haji tahun 2024 nantinya pemerintah juga akan menjadwalkan kegiatan selanjutnya untuk kepentingan Jamaah Haji,” ujarnya.

Lebih jauh diterangkan oleh Heriansyah, untuk pelayanan kesehatan sebelum keberangkatan Jemaah haji dilakukan dengan sistem berjenjang, mulai dari Puskesmas hingga rumah sakit Kab/Kota untuk divaksinasi meningitis sebelum keberangkatan ke tanah suci. Selanjutnya pemeriksaan kesehatan juga dilakukan di embarkasi haji sebelum keberangkatan ke tanah suci.

Kami berharap kepada para Calon Jamaah Haji untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan Bimbingan Manasik Haji ini dengan sungguh-sungguh karena ini sangat membutuhkan keseriusan dan kesabaran. Selanjutnya dalam penyampaian materi maupun praktek nanti diharapkan Calon Jamaah Haji dapat menyimak materi dan mempraktekannya dengan sebaik-baiknya sehingga bisa lebih mendalami dan memahami tata cara pelaksanaan ibadah haji, tambahnya. (NAF) 


TERKAIT

Berita LAINNYA