Cegah Stunting, KUA Ketahun Adakan Kunjungan Kerja Di Pukesmas dan PLKB Kecamatan Ketahun

Bengkulu Utara (Humas) Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ketahun Muhammad S.Ag. MH, melakukan kunjungan kerja di Pukesmas dan kantor PLKB Kecamatan Ketahun Bengkulu Utara menjelang pelaksanaan bimbingan perkawinan Senin , (28/10/2024).

Disampaikan oleh Muhammad  selaku kepala KUA Ketahun. "Kunjungan ini adalah dalam rangka mensukseskan kegiatan bimbingan perkawinan di Wilayah Kecamatan Ketahun kerjasama antara KUA, Pukesmas, PLKB dan Kecamatan Ketahun  Kabupaten Bengkulu Utara.

Dalam kunjungan ini dilakukannya pada dua tempat. Yang pertama di kantor PLKB Kecamatan Ketahun yang dikoordinator oleh Khalifair SH dan yang Kedua dilakukan di Pukesmas Kecamatan  Ketahun yang di pimpin oleh Andriska Fitriyani STr.Keb.

Dalam kunjungan kerja ini Khalifair SH selaku koordinator PLKB  Kecamatan Ketahun menyambut baik atas kedatangan tim dari KUA Ketahun " Kami dari kantor PLKB mendukung  kegiatan Binwin untuk mencegah stunting. Hal ini sejalan dengan program pemerintah bahwa pencegahan stunting perlu ditekan sedini mungkin. Sehingga diharapkan sebelum menikah calon pengantin dan baru menikah dalam kondisi sehat baik fisik maupun mental sehingga tercegah dari penderita anemia pada catin perempuan, yang berpotensi bayi lahir dalam kondisi tidak normal".Jelasnya.

Sementara itu kepala Pukesmas Kecamatan Ketahun Andriska Fitriyani STr.Keb. dalam hal ini Wakili oleh Hetty Nofriyanti , STr. Keb.PJ. Program Kespro,juga mengatakan " Untuk pencegahan stunting catin diharuskan memeriksa kesehatannya kepukesmas Kecamatan Ketahun diusahakan 3 bulan pra nikah. Hal ini dilakukan untuk pemeriksaan kesehatan, gizi dan memberikan masukkan dari dampak pernikahan dini serta kehamilan di usia muda terhadap resiko stunting pada anak. Pemeriksaan  kesehatan bermanfaat untuk mengetahui status kesehatan calon pengantin, memberikan waktu pengobatan apabila ditemukan masalah kesehatan, mencegah penularan penyakit kepada pasangan, mempersiapkan kehidupan rumah tangga  yang sehat, mempersiapkan kehamilan dan menghasilkan keturunan yang sehat dan berkualitas sebagai penerus anak bangsa nantinya". Ucapnya.

Dalam kunjungan tersebut turut hadir Camat Ketahun yang diwakili oleh Sekcam Ketahun bapak Rahman SPd, Mukti Warni Kasubag Perencanaan Kecamatan Ketahun, penyuluh Agama Non PNS Marlina Yesi, Rini Rahmawati terang Muhammad.

Untuk diketahui KUA Ketahun berencana akan menggelar kegiatan ini hari Kamis 31 Oktober 2024 di Balai Nikah Manasik Haji KUA Kecamatan Ketahun dengan tema " Dengan Pembinaan Perkawinan Di Wilayah Kecamatan Ketahun Kita Wujudkan Keluarga Bahagia Bebas Stunting dan Melahirkan Generasi yang Tangguh". ( Yesi/Yn )


TERKAIT

Berita LAINNYA