Penyuluhan Agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Air Periukan Laksanakan Kegiatan Rutin Belajar Mengajar di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Ar-Rohman Desa Tawang Rejo

Seluma (Humas) - Kelompok binaan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Ar-Rohman desa Tawang Rejo yang menjadi tanggung jawab salah satu Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Air Periukan Nikma Nur Rohma, S.HI kini mengalami peningkatan signifikan dalam pembinaan baca tulis Al-Qur'an. Selasa (22/07).

Nikma menjelaskan bahwa dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, santri TPQ Ar-Rohman secara intensif diajarkan baca tulis Al-Qur'an. "Proses pembelajaran ini tidak hanya berfokus pada membaca, tetapi juga mencakup kemampuan menulis, memahami, dan mengamalkan kandungan Al-Qur'an, Pentingnya penguasaan baca tulis Al-Qur'an menjadi fokus utama pembinaan di TPQ Ar-Rohman. Nikma menyampaikan bahwa santri ditingkatkan kemampuannya secara holistik, sehingga tidak hanya mampu membaca dengan lancar, tetapi juga memahami makna dari ayat-ayat yang dibaca.

Kegiatan belajar-mengajar di TPQ Al-Furqon berlangsung setelah sholat Magrib hingga pukul 20.00 WIB yang bertempat di Musholla Ar-Rohman. Kegiatan belajar-mengajar dilaksanakan setiap malam sabtu sampai dengan malam Kamis. Kegiatan belajar-mengajar biasanya dimulai dengan berdo'a bersama, kemudian dilanjutkan dengan belajar mengaji dengan menggunakan metode Iqra'. Setelah belajar mengaji biasanya dilanjutkan dengan kegiatan lain sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Pada malam senin malam setelah belajar mengaji dilanjutkan dengan menulis apa yang sudah dibaca. Pada malam Selasa biasanya dilanjutkan dengan hafalan surat-surat pendek. Surat-surat pendek yang dihafal diantaranya adalah surat At-Takasur hingga surat An-Nas. Pada malam Rabu dilanjutkan dengan belajar bahasa Arab, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan bahasa Arab pada anak-anak TPQ Ar-Rohman, Bahasa Arab yang dipelajari diantaranya adalah tentang angka dan warna-warna.

Selanjutnya pada malam Kamis setelah belajar mengaji biasanya dilanjutkan dengan menonton film kisah nabi-nabi, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kisah nabi-nabi kepada anak-anak TPQ Ar-Rohman agar mereka dapat mengambil hikmah dari kisah-kisah tersebut kegiatan inilah biasanya yang sangat tunggu-tunggu oleh anak-anak TPQ Ar-Rohman Kegiatan diikuti oleh anak-anak dengan sangat antusias.

Nikma menambahkan bahwasannya "Pembinaan ini bertujuan untuk mencetak generasi muslim yang tidak hanya hafal dalam membaca, tetapi juga memahami dan mengaplikasikan ajaran-ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari, maka para santri di TPQ aktif terlibat dalam kegiatan membaca dan menulis Al-Qur'an sehari-hari, guna mempercepat proses pembelajaran dan memastikan pemahaman yang baik", tambah Nikma.

Selaku kepala Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Air Periukan Harun, S.Ag, MH. mendukung penuh upaya TPQ dalam meningkatkan kualitas pembelajaran baca tulis Al-Qur'an dan berharap bahwa dengan adanya pembinaan ini, generasi muda di desa Tawang Rejo dapat tumbuh menjadi insan yang beriman, berakhlak, dan mampu membawa manfaat bagi masyarakat dan bangsa, mengingat begitu pentingnya pendekatan yang bersifat praktis dalam pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ), tutup Harun. (Eka/Lili)


TERKAIT

Berita LAINNYA