PAI KUA Kecamatan Air Periukan Isi Pengajian Peringatan Tahun Baru Islam di Masjid Al-Hikmah Desa Talang Alai

Seluma (Humas)-Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Air Periukan, M. Wahid Syafiuddin, M.Ag isi pengajian peringatan Tahun Baru Islam atau 1446 Hijriyah di Masjid Al-Hikmah Desa Talang Alai, Dusun 5, Kecamatan Air Periukan pada hari Selasa lalu. (09-07-2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh pemerintah desa yang diwakili Anggota BPD Desa Talang Alai, Adi Saputra, Imam Masjid Syaiful Anwar dan Kepada Dusun 5. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Mahasiswa KKN UIN FAS Bengkulu Kelompok 145, dan seluruh masyarakat Dusun 5 Desa Talang Alai.

Adapun inti materi pengajian yang disampaikan adalah bahwa tahun baru Islam atau Hijriyah menjadi momentum perenungan, introspeksi dan evaluasi dari seluruh amal ibadah yang dikerjakan pada tahun yang lalu. Selain itu, berdasarkan pada hadis Nabi bahwa ada dua amalan yang seyogyanya dapat dikerjakan, sekurang-kurangnya dua amalan ;
1. Berpuasa Sunnah pada tanggal 9 (tasu'a) dan 10 (Asyura) Muharram, hikmah adalah dapat menghapus dosa selama setahun yang lewat.
Redaksinya adalah ;
وورد في السنة النبوية فضل صيام عاشوراء، حيث يستحب لكل مسلم ومسلمة صيام هذا اليوم شكرًا لله عز وجل، وهو اليوم العاشر من محرم، ويستحب أن يصوم قبله يومًا أو بعده يومًا؛ مخالفة لليهود في ذلك. وصح عنه ﷺ أنه سئل عن صوم عاشوراء فقال: يكفر الله به السنة التي قبله.
Artinya ; Disebutkan dalam hadis Nabi tentang keutamaan puasa Asyura, yakni setiap muslim disunnahkan untuk berpuasa pada hari ini untuk bersyukur kepada Allah, yakni pada tanggal 10 Muharram. Selain itu juga disunnahkan untuk berpuasa sehari sebelumnya atau sehari setelahnya (untuk membedakan dengan puasanya orang yahudi). Dengan redaksi hadis Shohih ; bahwa Nabi ditanya tentang puasa Asyura, beliau bersabda ; dapat menghapus dosa setahun yang telah berlalu.

2. Memberikan santunan kepada anak yatim, karena nabi Muhammad Saw, akan bersama dengan orang yang senantiasa memperhatikan anak yatim di surga nanti.
Redaksinya adalah ; 
حديث سهل بن سعد قال: قال رسول الله ﷺ: أنا وكافل اليتيم في الجنة هكذا، وأشار بالسبابة والوسطى وفرج بينهما
Artinya ; Hadis dari Sahal bin Sa'ad ia berkata ; Rasul bersabda; Aku dan orang yang memelihara anak yatim seperti jari tengah dan telunjuk di didalam surga. (Riyadhus Sholihin). (Ulas M. Wahid Syafiuddin)

Kepala KUA Kecamatan Air Periukan, Harun, membenarkan kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan oleh M. Wahid Syafiuddin, di Desa Talang Alai. Bahwa saya selalu kepala KUA mendorong dan merekomendasikan PAI KUA Kecamatan Air Periukan, untuk bersama dengan masyarakat menyemarakkan peringatan tahun. Baru Islam, karena biasanya semarak perinyan tahun baru hanya dirasakan pada penanggalan Masehi saja. Maka pergantian tahun baru Hijriyah, seyogyanya juga menjadi perhatian umat Islam di Kecamatan Air Periukan, dan Kabupaten Seluma secara umum. (Eka/MWS)


TERKAIT

Berita LAINNYA