PAI KUA Kecamatan Air Periukan Berikan Penguatan Agama Pada Santri TPQ Binaan

Seluma (Humas)-- Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Air Periukan tepat malam tadi mengadakan program kegiatan seperti biasa berupa Penyuluhan Agama di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Ar-Rohman. Kegiatan ini mengusung tema pengenalan sifat-sifat Wajib Nabi dan Rasul dengan sasaran peserta yaitu santri TPQ Ar-Rohman desa Tawang Rejo. Rabu, 11/09/2024

Kegiatan dilaksanakan pada pukul 18.30 WIB di Musholla Ar-Rohman desa Tawang Rejo, dengan diawali dengan mengaji Iqra' dan Al-Qur'an secara bergiliran, adapun tujuan penyuluhan agama ini adalah  agar santri-santri di TPQ Ar-Rohman mengetahui bagaimana implementasi sifat-sifat Nabi dan Rasul dalam kehidupan sehari-hari, ujar Nikma.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Penyuluh Agama Islam Nikma Nur Rohma, S.H.I tentang sifat-sifat wajib Nabi dan Rasul yang diselingi dengan menyanyikan lagu-lagu religi dan sholawat Nabi, Selain itu peserta kegiatan yang umumnya anak-anak dengan kisaran usia 7-11 tahun itu diajak untuk melafalkan doa sehari-hari dan surat-surat pendek dengan tujuan mengetahui seberapa jauh pengetahuan agama mereka. Setelah pemberian materi kemudian dilanjutkan dengan games tebak-tebakan dengan tujuan agar peserta dapat me-review materi yang telah diajarkan dan ada sedikit bikisan yang di berikan Nikma di akhir pembelajaran, kegiatan pembelajaran di TPQ ini berakhir sesudah isya' pada pukul 20.00 WIB.

Nikma juga menyampaikan bahwasanya dalam waktu dekat akan di adakannya lomba-lomba untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. adapun mata lomba yang dijadikan kompetisi di TPQ nanti  antara lain adalah lomba adzan, lomba hafalan surah pendek, dan lomba fashion show, dan nantinya akan ada tiga dewan juri yang akan turut berpartisipasi untuk mengukur dan menilai kemampuan para santri dalam tiga mata lomba dan menentukan juara dalam lomba.

Jubaidah yang juga selaku Ustadzah di TPQ Ar-Rohman desa Tawang Rejo berharap agar program ini memberikan manfaat kepada pengetahuan agama bagi para santri, program ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua,khususnya anak-anak disini, Jubaidah juga mengatakan bahwa kegiatan ini tentu tidak hanya bermanfaat bagi penguatan dan pengembangan pengetahuan agama anak-anak santri TPQ Ar-Rohman, namun juga bermanfaat bagi pengembangan ketrampilannya. Ujar Jubaidah.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Air Periukan Harun, S.Ag, MH. Mendukung penuh Seluruh kegiatan keagamaan Penyuluh Agama Islam dan berharap kegiatan penyuluhan agama seperti ini dapat terus dilakukan secara rutin agar para santri semakin memahami ajaran agama, terutama untuk anak-anak TPQ Ar-Rohman sehingga dapat menambah pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari. (Eka/Nikma)


TERKAIT

Berita LAINNYA