MIN 4 Seluma Mulai Asessmen Madrasah

Seluma (Humas)- Asesmen Madrasah merupakan asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang Pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan. Asesmen Madrasah ini diadakan di  MIN 4 Seluma pada hari senin, 27 April 2024 sampai dengan 06 Mei 2024.

Sebelum masuk dalam ruang ujian, peserta asesmen, panitia, pengawas, dan kepala madrasah mengadakan pembukaan asesmen di lapangan MIN 4 Seluma untuk menyampaikan bimbingan dan pengarahan dari kepala madrasah tentang tata tertib peserta dan pengawas Asesmen Madrasah. Kepala MIN 4 Seluma (Samsuriyadi, S,Pd.I) menyampaikan tata tertib pengawas dan peserta asesmen madrasah yaitu Tata Tertib Pengawas Asesmen Madrasah

Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah Persiapan yang terdiri dari Tiga puluh menit sebelum US/M dimulai, Pengawas Ruang US/M telah hadir di lokasi. Pengawas Ruang US/M menerima penjelasan dan pengarahan dari Penanggung jawab Penyelenggaraan US/M. Pengawas Ruang US/M menerima bahan US/M dari Penanggung jawab Penyelenggaraan US/M berupa Paket Soal, LJUS/M, Amplop LJUS/M, Daftar Hadir, dan Berita Acara Pelaksanaan US/M. Pengawas Ruang US/M memeriksa bahan US/M dalam keadaan baik dan didalam amplop yang disegel. Dan Pelaksanaannya yaitu Pengawas Ruang US/M masuk ke dalam ruang US/M 20 menit sebelum waktu pelaksanaan dan memeriksa kesiapan ruangUS/M. Pengawas Ruang US/M meminta peserta US/M untuk memasuki ruang US/M dengan menunjukkan kartu peserta US/M, dan menempati tempat duduk sesuai nomor yang telah ditentukan. Pengawas Ruang US/M memeriksa setiap peserta US/M untuk tidak membawa tas, buku atau catatan lain, alat komunikasi elektronik, kalkulator dan sebagainya ke dalam ruang US/M kecuali alat tulis yang akan digunakan. Pengawas Ruang US/M membacakan Tata Tertib US/M setiap pelaksanaan US/M. Pengawas Ruang US/M meminta peserta US/M menandatangani Daftar Hadir US/M. Pengawas Ruang US/M membagikan LJUS/M kepada peserta dan memandu serta memeriksa pengisian identitas peserta US/M(nomor US/M, nama, tanggal lahir, dan tanda tangan) sebelum waktu US/M dimulai Setelah seluruh peserta US/M selesai mengisi identitas, Pengawas Ruang US/M membuka amplop paket soal, memeriksa kelengkapan bahan US/M, dan meyakinkan bahwa amplop tersebut dalam keadaan baik dan tertutup rapat (disegel), disaksikan oleh peserta US/M. Pengawas Ruang US/M membagikan paket soal US/M dengan cara meletakkan di atas meja peserta US/M dalam posisi tertutup (terbalik). Peserta US/M tidak diperkenankan untuk menyentuhnya sampai tanda waktu US/M dimulai. Pengawas Ruang US/M mengecek kelengkapan paket soal US/M. Setelah tanda waktu mengerjakan dimulai, Pengawas Ruang US/M mempersilahkan peserta US/M untuk mulai mengerjakan soal dan mengingatkan peserta agar terlebih dahulu membaca petunjuk cara menjawab soal. Kelebihan paket soal US/M selama US/M berlangsung tetap disimpan di ruang US/M dan tidak boleh dibawa keluar ruangan sampai US/M selesai. Selama US/M berlangsung, Pengawas Ruang US/M wajib menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang US/M, memberi peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan kecurangan, serta melarang orang lain yang tidak berkepentingan memasuki ruang US/M. Pengawas Ruang mencatat setiap kejadian termasuk kecurangan selama penyelenggaraan US/M di dalam Berita Acara PelaksanaanUS/M. Pengawas Ruang US/M dilarang memberi isyarat, petunjuk, dan bantuan apapun kepada peserta berkaitan dengan jawaban dari soal US/M yang diujikan. Lima menit sebelum waktu US/M selesai, Pengawas Ruang US/M memberi peringatan kepada peserta US/M bahwa waktu tinggal lima menit. Setelah waktu US/M selesai, Pengawas Ruang US/M mempersilakan peserta untuk berhenti mengerjakan soal. Pengawas mengumpulkan LJUS/M dan Paket Soal US/M. Peserta US/M dipersilahkan meninggalkan ruang US/M, setelah pengawas menghitung jumlah LJUS/M sama dengan jumlah peserta US/M. Pengawas Ruang US/M menyusun secara urut LJUS/M dari nomor peserta terkecil, dan memasukkannya ke dalam amplop LJUS/M disertai dengan Daftar Hadir Peserta, dan kemudian ditutup dan dilak serta ditandatangani oleh Pengawas Ruang US/M di dalam ruang US/M. Pengawas Ruang US/M menandatangani Berita Acara PelaksanaanUS/M yang berisi catatan kejadian selama US/M berlangsung. Pengawas Ruang US/M menyerahkan amplop berisi LJUS/M yang sudah dilak serta Berita Acara Pelaksanaan US/M kepada penanggung jawab US/M Satuan pendidikan.

Kepala madrasah juga menyampaikan Tata Tertib Peserta Asesmen Madrasah yaitu Peserta US/M memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan, yakni 15 menit sebelum US/M dimulai. Peserta US/M yang terlambat hadir hanya diperkenankan mengikuti US/M setelah mendapat izin dari Penanggung Jawab Satuan Pendidikan, tanpa diberi perpanjangan waktu. Peserta US/M dilarang membawa alat komunikasi elektronik, kalkulator, tas, buku, dan catatan dalam bentuk apapun ke dalam ruang US/M. Peserta US/M membawa alat tulis menulis berupa pensil 2B, penghapus, penggaris, dan bolpoin berwarna hitam/biru serta kartu tanda peserta US/M. Peserta US/M mengisi Daftar Hadir. Peserta US/M mulai mengerjakan soal setelah ada tanda waktu mulaiUS/M. Peserta US/M mengisi identitas pada LJUS/M secara lengkap dan benar. Peserta US/M yang memerlukan penjelasan cara pengisian identitas pada LJAM dapat bertanya kepada Pengawas Ruang US/M dengan cara mengacungkan tangan terlebih dahulu. Selama US/M berlangsung, peserta US/M hanya dapat meninggalkan ruangan dengan izin dan pengawasan dari Pengawas Ruang US/M,serta tidak melakukannya berulang kali. Peserta US/M yang memeroleh Paket Soal yang cacat atau rusak, pengerjaan soal tetap dilakukan sambil menunggu penggantian Paket Soal. Peserta US/M yang meninggalkan ruangan setelah membaca soal dan tidak kembali lagi sampai tanda selesai dibunyikan, dinyatakan telah selesai menempuh/mengikuti US/M pada mata pelajaran yang terkait. Peserta US/M yang telah selesai mengerjakan soal sebelum waktu US/M berakhir tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan sebelum berakhirnya waktu US/M. Peserta US/M berhenti mengerjakan soal setelah ada tanda berakhirnya waktu US/M. Selama US/M berlangsung, peserta US/M dilarang: menanyakan jawaban soal kepada siapa pun; bekerjasama dengan peserta lain, memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal; memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain; membawa Paket Soal US/M dan LJAM keluar dari ruangUS/M; menggantikan atau digantikan oleh orang lain.

Dalam AM ini data awalnya yaitu peserta asesmen MIN 4 Seluma berjumlah 50 murid yang terdiri dari 33 laki-laki dan 17 murid Perempuan. Ujian hari pertama yang bertugas mengawas yaitu ruang AB Gina Sasmita dan Suci Ayu Lestari, Ruang AC yaitu Eitri W dan Siti Hasanah, Ruang AD yaitu Rosmala Dewi dan Erni S. dalam mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Fikih. Kepala MIN 4 Seluma berharap agar Asesmen Madrasah ini berjalan dengan lancar.  (eka/Sym)


TERKAIT

Berita LAINNYA