MA Miftahul Jannah Rejang Lebong Ikuti IHT Kurikulum Merdeka

REJANG LEBONG (HUMAS) --- Kurikulum Merdeka adalah inisiatif pendidikan yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Tujuannya adalah untuk memberikan lebih banyak fleksibilitas dan otonomi kepada sekolah dan guru dalam mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik di masing-masing satuan pendidikan.

Pada tanggal 08-09 Juli 2024 Madrasah Aliyah Miftahul Jannah berpartisipasi dalam In House Training (IHT) tentang Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Madrasah. yang di pandu oleh Ibu Marini Sustariana, S.Pd yang merupakan seorang Wakil kepala Kurikulum sekaligus Guru di SMAN 1 Kota Curup. Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan dalam penerapan kurikulum baru tersebut.

Kegiatan ini di Isi dengan beberapa kegiatan yang beragam, dan salah stunya nya adalah adanya agenda sharing pengalaman yang dilakukan oleh pemateri dan guru-guru Madrasah Aliyah Miftahul Jannah. Kegiatan bimbing oleh seorang pemateri yang telah berpengalaman dalam penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolahnya.

IHT ini mencakup berbagai topik penting, termasuk pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM), yang menyediakan berbagai materi pelatihan, video inspiratif, serta asesmen murid. Platform ini dirancang untuk membantu guru mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka dan meningkatkan kualitas pembelajaran 

Pelatihan tersebut juga menekankan pentingnya pembelajaran berdiferensiasi, perencanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila, dan perencanaan berbasis data untuk menciptakan kurikulum operasional yang sesuai dengan karakteristik masing-masing satuan pendidikan. 

Kurikulum Merdeka dirancang untuk memberikan ruang bagi inovasi dan kreativitas dalam proses belajar-mengajar, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kompeten, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan masa depan.


TERKAIT

Berita LAINNYA