Hindari Kesalahan Data,KUA Seluma Pastikan Akurasi Data

Seluma (Humas)-Ketika pasangan calon pengantin mendaftar diri ke KUA, hendaklah memberikan data yang akurat dan benar.Hal tersebut untuk mengantisipasi kesalahan saat penerbitan buku nikah.Hal ini disampaikan oleh Staf JFU Alpan Suri,S.Pd dan dua rekannya Yunida Yulistri dan Agus toni pada Selasa 28/24 bertempat di KUA kecamatan Seluma.

Terpisah, Plt kepala KUA Harun,S.Ag.,M.H juga menyampaikan pencatatan nikah yang benar dan akurat akan menyelamatkan pasangan nikah dari persoalan hukum dalam sistem administrasi. Lebih lanjut Plt Ka KUA menjelaskan banyak pesoalan terkait pencatatan nikah yang berdampak pada administrasi kependudukan dan pencatatan sipil seperti perkawinan yang tidak tercatat atau nikah siri, kesalahan penulisan di Buku Nikah, pergantian data, Istbat nikah, data yang dipalsukan dan lain-lain, sehingga penting bagi para kepala KUA atau petugas untuk melakukan pengecekan akurasi data Catin. 

Rencananya di wilayah kerja KUA Kecamatan Seluma dalam bulan ini, sudah ada 7 pasang Catin Yang telah diselenggarakan akad nikah.kemudian untuk bulan depan ( bulan 6) pasang Catin yang sudah mendaftar tersebut, 2 (dua) pasangan Catin dilaksanakan di luar balai nikah. (Eka/Fjs)


TERKAIT

Berita LAINNYA