Hari Kedua Rakor, Pengelola Keuangan Diminta Bangun Etos Kerja Dengan Top Ten Skills 2025

BENGKULU (HUMAS) --- Pejabat perbendaharaan Satuan Kerja Kementerian Agama Se-Provinsi Bengkulu  diminta membangun integritas dan etos kerja dengan meratap top ten skills atau 10 skils yang wajib dimiliki di dunia kerja pada tahun 2025, agar menjadi pengelola keuangan yang handal dan profesional.

Hal ini diungkapkan Senior Trust Consulting's institute Trainer Sari Gunawan,S.KM,M.Si dalam sajian materi hari kedua pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelola Keuangan di Nala Sea Side Hotel Jalan Pariwisata Pantai Panjang Kota Bengkulu. Kamis, (17/3/2022)

"Jika selama ini menjalankan tugas dan fungsi pada tataran biasa. Kita akan jauh tertinggal. Dengan demikian tahun 2022 ini, kita harus sudah meratap bagaimana membangun etos kerja ke perubahan peradaban, langkah perubahan yakni top ten skils, " ungkap Sari

Ten skills 2025 tersebut adalah pertama, pemikiran analitis dan inovatif.

"Artinya kita dituntut berinovasi, mengembangkan karya-karya terbaru dalam tataran kerja, " katanya.

Kedua adalah, belajar aktif dan strategis.maknanya, tidak bisa mengandalkan pengalaman saja dalam berkerja, namun diera serba dinamis, diperlukan kemampuan belajar yang tinggi diserta strategi tepat. Ketiga seorang pengelola keuangan harus mampu memecahkan masalah yang komplek.

"Karena kita akan selalu menemui persoalan baru dengan tingkat kompleksitas yang berbeda, " bebernya.

Keempat adalah berpikir dan analis kritis, kelima ketahanan, toleransi stres dan fleksibilitas. "Kemudian keenam kreativitas,orisinalitas daj inisiatif," tambahnya

A

Ketujuh adalah kepemimpinan dan pengaruh sosial, dimana seorang pejabat perbendahara tak hanya harus mamiliki jiwa kepemimpinan, namun harus bisa membawa situasi sosial dengan baik.

Kedelapan adalah penalaran, pemecahan masalah dan ideasi.

Kesembilan kecerdasan emosional, dan yang terakhir adalah desain pemrograman teknologi.

"Skil ini menjadi sangat penting ditengah majunya teknologi. Nah ini sudah harus menjadi perhatian bagi pengelola keuangan, " pintanya.

Untuk mencapai tersebut,  menurutnya pejabat pengelola Keuangan harus memiliki konsep perubahan dengan membangun sistem institusi, merubah pribadi dan membentuk mindset.

"Intinya perubahan kebiasan, yang saya katakan bahwa yang selama ini hanya tataran biasa saja. Harus berpikir menjadi kerja yang luar biasa," tegas sari.

Lalu bagaimana langkah perubahannya? Menurut Sari adalah pejabat perbendaharaan wajib memiliki ikatan hubungan sinergi yang baik dengan antar sesama, mitra kerja. Tentu tidak hanya sinergi, jika tidak didukung dengan jembatan atau komunikasi yang baik.

‘’Sehingga adanya ikatan hati di tem work, yang akhirnya akan menghasilkan harmoni. Karena dalam berkerja butuh super team,bukan superman,’’ demikian Sari Gunawan.

 

Penulis : Tatang Wss --- Fhotografer : Fahmi


TERKAIT

Wilayah LAINNYA