MTsN 1 KoBe Sukses Gelar Pelaksanaan ANBK 2024

(MTsN) 1 Kota Bengkulu menggelar pelaksanaan Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK)

Kota Bengkulu (Humas) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Bengkulu menggelar pelaksanaan Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berlangsung selama dua hari dari senin 09 s.d selasa 10 September 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang Laboratorium Komputer MTsN 1 Kota Bengkulu ini diikuti siswa kelas VIII yang terdiri dari 45 orang peserta utama dan 5 orang cadangan dengan 3 sesi pelaksanaan.  Tiap sesi dikuti oleh 15 orang peserta.

Turut hadir saat monitoring pelaksanaan ANBK Pengawas Madrasah Winda Trianza, M.Pd dan Kasi Penmad dari Kantor Kementrian Agama Kota Bengkulu.

ANBK adalah program yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif mengenai kemampuan literasi, numerasi, serta karakter peserta didik. Asesmen ini diadakan serentak di seluruh Indonesia, termasuk di madrasah, sekolah dasar, dan menengah.

ANBK bertujuan untuk mengukur kompetensi minimum peserta didik dalam literasi membaca dan numerasi. Selain itu, terdapat survei karakter dan survei lingkungan belajar yang juga dilaksanakan untuk mendapatkan pemahaman lebih lanjut tentang iklim pembelajaran di madrasah.

Kepala MTsN 1 Kota Bengkulu Diniah, M.Pd,Si menyampaikan bahwa pelaksanaan ANBK di madrasah ini merupakan bagian dari evaluasi menyeluruh terhadap proses pembelajaran. Hasil dari asesmen ini nantinya akan menjadi tolak ukur dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di madrasah serta sebagai dasar pengambilan kebijakan yang lebih efektif untuk mendukung perkembangan peserta didik.

“Kami berharap melalui ANBK ini, kita bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang kompetensi peserta didik di madrasah ini. Bukan hanya soal kemampuan akademik, tetapi juga tentang pembentukan karakter dan lingkungan belajar yang lebih baik,” ujarnya.

Pelaksanaan ANBK di MTsN 1 Kota Bengkulu ini tidak terlepas dari persiapan yang matang, baik dari segi teknis maupun akademis. Sebelum pelaksanaan ANBK, peserta didik telah diberikan pelatihan dan simulasi untuk memastikan mereka siap dalam menghadapi asesmen berbasis komputer ini.

Muhammad Abdul Azis, S.T selaku Proktor dan Prima Ramadani, S.Pd.I selaku Teknisi MTsN 1 Kota Bengkulu memberikan dukungan penuh dengan memastikan seluruh perangkat komputer dan jaringan internet berfungsi dengan baik selama pelaksanaan ANBK.

Dengan terlaksananya ANBK 2024 di MTsN 1 Kota Bengkulu diharapkan madrasah dapat terus berkontribusi dalam mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang baik dan siap menghadapi tantangan masa depan.

 (MTsN1KoBe/Humas)


TERKAIT

Berita LAINNYA