MAN 2 Kepahiang Upaya Terapkan KTR

“Salah satunya adalah menerapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Lingkungan madrasah,” kata Darwin di Ruang kerjanya, Selasa 9/9.

Kepahiang (Humas) – Semangat menjaga kesehatan adalah salah satu program MAN 2 Kepahiang yang perlu ditingkatkan demi mencapai siswa sehat berprestasi. “Salah satunya adalah menerapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Lingkungan madrasah,” kata Darwin di Ruang kerjanya, Selasa 9/9.

Katua Tim Dinas Kesehtan (Dinkes) Prov. Bengkulu, Yesvera Hermi menyampaikan bahwa tujuan adalah untuk observasi dan sosialisasi KTR. “Sesuai Permendikbud no. 64 tahun 2015 tentang Kawasan Tentang Rokok di lingkungan sekolah. bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, dan bebas rokok,” kata Hermi.

“Berkenaan dengan kegiatan evaluasi dan penilaian implementasi KTR kesasaran 7 tatanan di MAN 2 Kepahiang, yakni tempat proses belajar mengajar, fasilitas pelayanan kesehatan (UKS), tempat anak bermain, tempat ibadah, kantin, ruang TU, kantor satpam, wc, dll,” tambah Hermi.

Derlina Roihany, SKM. Selaku pendamping dari Dinkes Kab. Kepahiang mengatakan bahwa MAN 2 Kepahiang adalah salah satu sekolah yang terpilih selain Kantor Camat Kepahiang, dan Puskesmas Pasar Kepahiang. “Kami sangat bangga dengan madrasah yang telah berjuang untuk merubah perilaku merokok di tempat yang telah ditentukan, mengurangi, bahkan berhenti merokok,” kata Derlina.

Hermi berharap semoga dengan kehadiran Tim Dinkes Provinsi dan Dinkes Kepahiang akan membuka hati para perokok untuk berangsur menguranginya, sehingga tercipta sekolah yang bebas asap rokok. Sehingga warga sekolah tidak terpapar asap rokok, dan warga MAN 2 Kepahiang sehat semuanya. (Erna)


TERKAIT

Berita LAINNYA