KUA Lubuk Sandi Kejar Target Sertifikat Halal

Seluma (Humas) – Pemerintah saat ini mengupayakan capaian target sertifikat halal gratis bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang bergerak pada jajanan kuliner. Saat ini Kementerian Agama menyediakan satu juta kuota sertifikat halal gratis bagi pelaku usaha.

Plt KUA Lubuk Sandi Iis Sumirat,S.HI  mengatakan, untuk mencapai target sertifikat halal bagi UKM wilayah KUA Lubuk Sandi langsung menerjunkan tim pendamping di tengah masyarakat. Pendamping Proses Produk Halal (PPH) adalah para ASN, PAI Non PNS dan honorer KUA Kecamatan Lubuk Sandi pada Senin (20/05).

Ia mengatakan sangat penting menggenjot realisasi sertifikasi halal, karena adanya rencana bahwa semua sudah memiliki Sertifikat produk halal saat Oktober 2024 nanti, dengan program utama Wajib Halal Oktober (WHO). Sebab pasca Oktober, pengurusan sertifikat halal bisa jadi sudah berbayar. Jika tak memiliki sertifikat halal, nanti produknya tidak bisa edar lagi. Kita juga melarang produk makanan dan minuman masuk ke kantin madrasah dan sekolah.

Iis berkomitmen, KUA Kecamatan Lubuk Sandi melalui kerjasama bersama penyuluh dan semua unsur mengharapkan sebelum Oktober semua produk makanan yang beredar di Lubuk Sandi sudah bersertifikat halal. Iis menyadari ini butuh kerja keras semua pihak untuk mencapai target tersebut.

"Semoga Allah memudahkan dan membantu kita dalam upaya mencapai apa yang kita harapkan untuk menjamin Masyarakat Lubuk Sandi memperoleh produk yang sudah halal secara syar'i dan administrasi," ujar Iis. (Eka/Rh)


TERKAIT

Berita LAINNYA