Konsultasi Mengenai Takmir Masjid Pengurus Masjid Kunjungi KUA Kecamatan Air Periukan

Seluma (Humas) - Para pengurus takmir masjid perlu menyatukan langkah dan menyamakan persepsi dalam menjalakan amanah mengelola rumah ibadah di lingkungannya masing-masing.  Perlu dipahami sungguh-sungguh, yang diurus Takmir adalah rumah Allah  bukan sembarang bangunan. Karena itu takmir masjid harus selalu ingat pada keesaan Allah dan hanya berharap ridho-Nya. Jika ikhlas dan menjaga baik amanah, tidak mungkin Allah Yang Maha Kuasa membiarkan mereka. Pasti Allah Ta’ala akan mencukupi dan memberi berkah pada kehidupan para takmir masjid.

Mengenai hal tersebut Pengurus Masjid Al-Mujahidin Desa Padang Pelasan H. Wahara kunjungi KUA Air Periukan untuk berkonsultasi.

Dijelaskan oleh Wahara bahwa  Masjid merupakan bangunan yang menjadi tempat umat Islam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Namun fungsi masjid bukan sekedar itu saja, sebab masjid dibangun untuk mempersatukan umat Islam. Maka dari itu, perawatan masjid sangatlah dibutuhkan. Salah satunya adalah adanya takmir masjid. Adapaun kepengurusan nya dimasjid kami Al Mujahidin belum terbentuk berupa struktur, terang wahara Selain konsultasi prihal Takmir Masjid wahara juga menyampaikan permohonan petugas sholat jum'at dari KUA Air Periukan.

Menanggapi hal tersebut salah satu penyuluh Agama Islam M. Wahid Syafiudin, M. Ag menjelaskan untuk Menjadi seorang takmir masjid bukanlah  pekerjaan yang ringan. Sebab ia tidak memperoleh upah yang memadai, namun harus rela mengeorbankan waktu dan tenaganya untuk kebaikan masjid.

Lanjut wahid takmir masjid merupakan pengawas dan pengurus. Pengawas untuk segala fasilitas masjid yang ada dan juga mengurus kegiatan masjid setiap waktu datangnya shalat berjamaah. Selain itu, takmir juga memiliki tanggung jawab besar dalam membenahi masjid yang diurusnya.

Ditempat terpisah Kepala KUA Kecamatan air Periukan Harun, S. Ag, MH menjelaskan Takmir masjid atau pengurus masjid dipilih dari orang- orang yang memiliki kelebihan dan kemampuan dan berakhlak mulia, hingga jamaah menghormatinya secara wajar dan bersedia membantu dan bekerjasama dalam memajukan dan memakmurkan masjid harapan nya dengan dibentuk nya sturuktur takmir masjid upayakan agar jamaah nya bertambah dari biasanya karena kemakmuran suatu masjid bukan berdasarkan bangunan dan struktur organisasinya melainkan jumlah jamaahnya, jelas harun (Naf/Lili)


TERKAIT

Berita LAINNYA