Gandeng Puskesmas, MTs Bunayya Islamic School Bekali Siswa dengan Pendidikan Kesehatan Remaja

REJANG LEBONG (HUMAS) ---- Peserta didik MTs Bunayya Islamic School mengikuti sosialisasi Pendidikan Kesehatan pada Remaja. Kegiatan ini disampaikan oleh tim dari Puskesmas Curup Timur pada hari Rabu (24/07/2024) dari pukul 08.00 hingga 11.30 WIB bertempat di Gedung Kelas Madrasah MTs Bunayya Islamic School.

Kegiatan ini didikuti oleh peserta didik yang merupakan peserta didik baru didampingi oleh guru Bimbingan Konseling (BK)  dan pembina UKS MTs Bunayya Islamic School. Dalam sambutannya, Kepala MTs Bunayya Islamic School melalui Waka Bidang Akademik, Umi Sri Astuti,S.Pd.I,.Gr. menekankan pentingnya informasi dan wawasan tentang pendidikan kesehatan pada usia remaja khusunya pada alat reproduksi sebagai upaya membekali diri untuk dapat berpikir dan berperilaku sehat.Selanjutnya, Sri Astuti berharap mereka dapat menularkan informasi kepada teman-temannya sebagai jembatan berbagi ilmu pengetahuan sebagai bekal dalam dunia pertemanan.

Senada dengan itu, Kepala Puskesmas Curup Timur, bapak Joni,SKM. melalui ketua tim Ibu  Nanda,S.Kep menandaskan bahwa dalam kehidupan di era milenial sekarang, di mana informasi begitu deras dari mana saja, maka remaja harus selektif, mendapatkan informasi yang benar, supaya selamat diri serta menyelamatkan generasi muda semuanya.

Dalam sosialisasi tersebut, terdapat dua sesi. Sesi pertama membahas tentang seputar organ reproduksi. Pada sesi pertama, narasumber memaparkan segala hal yang berkaitan dengan organ reproduksi manusia baik laki-laki maupun perempuan.

Hal yang dibahas pertama kali adalah tanda-tanda pubertas. Selanjutnya, narasumber juga mengedukasi peserta didik untuk dapat menjaga diri dari pergaulan bebas.  Sesi kedua membahas tentang gizi seimbang. Materi ini disampaikan oleh narasumber, Winarti, S.Kep. menjelaskan bahwa keseimbangan gizi sangat berpengaruh dan penting bagi kesehatan tubuh kita.

 Dengan mengonsumsi makanan bergizi, kita akan memiliki tubuh dan jiwa yang kuat serta bisa mencegah berbagai penyakit seperti stunting,katanya. Kalian harus lebih selektif ketika membeli jajan. Usahakan untuk tidak membeli jajanan yang mengandung banyak gula dan garam kalau ingin badan kita tetap sehat,tegasnya.

 


TERKAIT

Berita LAINNYA