Efektifkan Pelayanan Administrasi Nikah Di Kantor KUA Kecamatan Seluma Selatan

Seluma (Humas) – KUA Kecamatan Seluma Selatan adalah kantor layanan publik yang termasuk sektor esensial sehingga KUA tetap buka dan memberikan pelayanan. Tetap buka, hanya saja dibatasi. Jam buka layanan Kantor Urusan Agama (KUA) antara pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, Senin (20/5).

Eka Susanti, S.Pd merupakan operator simkah KUA Kecamatan Seluma Selatan, menyampaikan bahwasanya Informasi tentang jam waktu pelayanan Kantor Urusan Agama Kecamatan Seluma Selatan ini, dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat pada hari waktu jam kerja mulai hari senin sampai dengan hari jum’at. Papar sang operator simkah ini. 

Kepala KUA Kecamatan Seluma Selatan Elon Suparlan, M.H dalam rakordasi internal KUA Kecamatan Seluma Selatan mengungkapkan bahwa Setiap Pegawai di KUA Kecamatan Seluma Selatan dalam pelayanan di KUA terutama layanan  pendaftaran nikah harus dengan  sungguh- sungguh dengan prinsip kehati hatian  serta    mengedapankan 5 (lima) nilai budaya   kerja :

Integritas

Profesionalitas

Inovasi

Tanggungjawab

Keteladanan.
 

Elon menegaskan untuk mencapai tujuan diatas, pembagian tugas Pegawai sudah  sesuai dengan kualifikasi  Pegawai agar semua pelayanan terhadap masyarakat baik yang mendaftar nikah maupun penyuluhan dan bimbingan masyarakat dapat tepat guna. Pelaksana Sitarjono, A.Ma menambahkan siap melaksanakan tugas dan bekerjasama semua pihak termasuk pengecekan data nikah. Apabila sudah benar, Calon Pengantin diminta menulis: data calon pengantin, wali dan mas kawin sudah benar, tutur Sitar.

Kantor Urusan Agama yang biasa disingkat dengan KUA merupakan kantor yang melakukan pelayanan pencatatan nikah bagi masyarakat Islam pada umumnya dan pelayanan yang lain semisal konsultasi pernikahan, ikrar wakaf, BP4 dan lain sebagainya. Akan tetapi bagi masyarakat begitu melekatnya tentang urusan pernikahan atau nikah sehingga seakan akan tugas KUA dalam pelayanan selain pencatatan pernikahan menjadi kurang terekspos. (Naf/Yul)


TERKAIT

Berita LAINNYA