Penyuluh Agama KUA Ulu Talo Menghadiri Undangan Khatam AL-Qur'an (Tamat Kaji) TPQ Nurul Iman Desa Muara Nibung Kecamatan Ulu Talo

Seluma (Humas) - Penyuluh Agama KUA Kecamatan Ulu Talo Muhammad Martin Arefal, S.HI,. MH menghadiri acara tamat kaji (11/8) 

Taman Pendidikan Al-Qur'an (disingkat TPA atau TPQ) merupakan lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan nonformal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur'an sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar dinul Islam pada anak .

TPQ Nurul Iman yang beralamatkan di Desa Muara Nibung setiap kali santrinya menyelesaikan khatam AL-Qur'an melaksanakan khatam Qur'an atau lebih dikenal dengan Tamat Kaji di rumah santrinya. Adapun Pembimbing sekaligus guru ngaji TPQ Nurul Iman Ibu Desi Narti Beliau juga sebagai Penyuluh Agama Islam yg telah mengabdi cukup lama di KUA Kecamatan Ulu Talo, 

Dalam istilah bahasa Arab khatam berarti tamat atau selesai. Secara sederhana adalah seseorang yang telah menamatkan bacaan seluruh juz dalam Al-Qur'an. Atau definisi lainnya adalah khatam membaca Al-Qur'an berarti seseorang telah menyelesaikan bacaan surah Al-Fatihah (surah pembuka Al-Qur'an) sampai surah An-Nas (surah penutup Al-Qur'an). 

Dalam Islam membaca Al-Qur'an termasuk salah satu bentuk ibadah. Setiap umat muslim tentunya dianjurkan untuk selalu membaca kitab suci Al-Qur'an. Selain untuk mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT, khususnya bagi seseorang yang selalu membaca Al-Qur'an juga punya keistimewaan tersendiri. Ada banyak sekali keutamaan bagi orang-orang yang senantiasa menyibukkan diri dengan membaca kitab suci Al-Qur'an, tak terkecuali untuk umat muslim yang berhasil mengkhatamkannya.

Tradisi mengkhatamkan Al-Qur'an sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Rasulullah pun sangat menganjurkan umatnya agar selalu mengkhatamkan Al-Qur'an, yakni dengan membaca Al-Qur'an dari awal hingga akhir dan mengulanginya kembali. 

Pentingnya dari aktivitas ini menunjukkan bahwa sebagai umat muslim agar selalu menghadirkan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari dengan cara mengkhatamkan Al-Qur'an secara berulang-ulang. Tradisi inilah kemudian menjadi sebuah alasan mengapa khatam Al-Qur'an bagi umat Islam dianggap sebagai amalan yang paling dicintai Allah.  

Penyuluh Agama KUA Ulu Talo Muhammad Martin Arefal, S.HI,. MH pada acara tersebut diminta untuk memimpin do'a khatam AL-qur'an di akhir acara Beliau berharap bahwa setelah khataman dilaksanakan, para santri terus membaca Al Quran. “Khataman Al Quran ini kiranya merupakan awal dari mempelajari Al Quran secara lebih mendalam, jangan sampai setelah khataman dilakukan malah tidak lagi mau membaca Al Quran”, pintanya.

Pada kesempatan yang sama Bapak Kepala Desa Muara Nibung sekaligus Ketua Forum Kepala Desa se Kecamatan Ulu Talo, Bapak Dodi Harjo, S.Kom sangat senang dengan Hadirnya Penyuluh di desa - desa bisa membantu meningkatkan minat baca AL-Qur'an. 
 (Eka/MMA) 


TERKAIT

Berita LAINNYA