Penyuluh Agama Islam KUA Kec. Air Periukan Sampaikan Khutbah Jum'at tentang Ibadah Puasa yang Berkualitas

Seluma (Humas)- Penyuluh Agama Islam KUA Kec. Air Periukan M. Wahid Syafiuddin, M.Ag bertugas sebagai Khotib dan Imam di Masjid An-Nur Desa Riak Siabun Kec. Sukaraja pada Jumat (22/3). Adapun khutbah Jum'at yang disampaikan berjudul "Menjaga Kualitas Puasa di Bulan Ramadhan". Dalam khutbah Jum'at yang disampaikan berikut poin-poin pentingnya ;
Pertama, dimana Puasa salah perisai, maka apabila salah satu orang diantara kamu sedang berpuasa, maka jangan berbuat dosa, jangan berselisih, maka apabila salah seorang diantara kamu mengajar untuk berselisih. Maka katakanlah, Ku sedang berpuasa.
Dari hadis ini, dapat diambil i'tibar (pelajaran), bahwa orang yang sedang berpuasa harus mampu menjadi dirinya, baik lisan, mata, telinga, tangan dan kaki, berserta anggota badan lainnya agar tidak digunakan hal-hal yang tidak bermanfaat.
Kedua, Imam Ghozali menyatakan pendapatnya dalam kitab Ihya Ulumuddin; bahwasanya kualitas puasa orang-orang Sholih tidak sekedar menahan haus dan lapar saja, tetapi juga menjaga telinga, mata lisan (mulut), tangan dan kaki, serta anggota badan lainnya dari dosa.
Ketiga, dosa yang sebagaimana dimaksud apabila tidak diminimalisir akan menjadikan pahala ibadah puasa menjadi terkikis, kurang berkurang bahkan hilang sama sekali. (Eka/MWS)


TERKAIT

Berita LAINNYA