Kepahiang (Humas) --- Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MTsN 01 Kepahiang dipimpin langsung oleh Harisman Suhadi, M.Pd.I, selaku Pengawas Madrasah belum lama ini dilaksanakan.
Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk mengevaluasi kinerja kepala madrasah dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan di tingkat madrasah. PKKM di MTsN 01 Kepahiang ini dihadiri oleh seluruh jajaran dewan guru, staf administrasi, serta perwakilan dari pihak Kementerian Agama.
Kegiatan dimulai dengan paparan mengenai program kerja kepala madrasah yang telah dilaksanakan sepanjang tahun, termasuk pengelolaan kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, serta upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada siswa. Dalam sambutannya, Bapak Harisman Suhadi menyampaikan bahwa penilaian ini penting untuk mengetahui sejauh mana seorang kepala madrasah dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam mengelola madrasah.
“PKKM ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan bahwa kepala madrasah dapat mengimplementasikan kebijakan yang sudah ditetapkan dengan baik, serta berperan dalam memajukan madrasah melalui program-program yang inovatif,” ujar Harisman.
Selama sesi penilaian, Kepala Madrasah MTsN 01 Kepahiang menyampaikan berbagai capaian yang telah diraih, termasuk peningkatan prestasi akademik siswa, pengelolaan anggaran yang efektif, dan penguatan kualitas guru. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dilengkapi dengan diskusi dan tanya jawab untuk menggali berbagai aspek terkait manajemen madrasah. Harisman juga memberikan masukan konstruktif agar kepala madrasah dan seluruh pihak terkait dapat terus meningkatkan kualitas pengelolaan madrasah.
“Sangat penting untuk terus berinovasi dan mengembangkan program-program yang berdampak positif terhadap siswa. Selain itu, keterlibatan semua pihak, termasuk guru, staf, dan orang tua, juga harus ditingkatkan dalam proses pendidikan di madrasah,” ungkap Harisman.
Penilaian Kinerja Kepala Madrasah ini diakhiri dengan penyerahan hasil evaluasi serta rekomendasi perbaikan untuk pengelolaan madrasah ke depannya. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja kepala madrasah dalam rangka mewujudkan madrasah yang lebih berkualitas dan berprestasi.(Fadhli)