MTsN 1 Kota Bengkulu Kembali Laksanakan Bimbingan Tahfidz Angkatan VI

MTsN1 Kota Bengkulu (Humas) --- Kembali laksanakan bimbingan Tahfidz, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Bengkulu lanjutkan komitmen mencetak Hafidz-Hafidzah melalui periode bimbingan Tahfidz angkatan ke VI yang dilaksanakan mulai tanggal 23 Juli 2024. 

MTsN 1 Kota Bengkulu berupaya meningkatkan kuota pada angkatan ke VI ini yang telah berjalan lima kali pertemuan dengan jumlah peserta bimbingan lebih kurang 648 siswa. 

Di MTsN 1 Kota Bengkulu, Tahfidz merupakan mata pelajaran Muatan Lokal yang diajarkan satu kali seminggu setiap kelasnya dengan dua jam pelajaran setiap minggu nya yang diampu 4 orang guru Tahfidz. Dengan adanya program unggulan bimbingan Tahfidz yang berkala diadakan setiap semesternya diharapkan dapat mencetak Hafidz-Hafidzah dengan jumlah hafalan yang terus bertambah setiap periodenya.

Bimbingan angkatan ke VI akan diadakan sebanyak 50 kali pertemuan, setiap minggunya terdiri dari 2 kali pertemuan pada hari Selasa dan Kamis. Kemudian akan dilanjutkan dengan Karantina dan ujian Tahfidz yang akan menentukan berapa banyak jumlah pesertayang dinyatakan lulus untuk mengikuti Haflah atau wisuda Tahfidz. 

Zaky Muftika Hijriani yang menjadi koordinator Tahfidz menjelaskan bahwa metode pembimbingan yang dilakukan adalah dengan mendengarkan setoran Tahfidz dari peserta, disertai dengan koreksi yang diberikan pembimbing apabila ada kesalahan dalam makharijul huruf yang tidak tepat dan penerapan ilmu  tajwid dalam setiap setoran hapalan peserta. 

" Kelancaran hapalan peserta juga harus diperhatikan, tentu dengan bacaan dan tajwid yang sesuai, ungkapnya zaky".

zaky juga mengatakan bahwa Menjadi pembimbing Tahfidz adalah tanggung jawab besar bagi setiap inividunya. " Hal ini tentang bagaimana kita membimbing peserta menjadi lancar dan baik bacaan  Alqurannya, tutupnya".(MTsN1KoBe/Humas) 


TERKAIT

Berita LAINNYA