MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu Adakan Gladi Bersih Guna Sukseskan ANBK 2024

Rejang Lebong (Humas)--- Dalam rangka menghadapi pelaksanaan Assesment Nasional Berabasis Komputer (ANBK) tahun 2024, MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu laksanakan kegiatan gladi bersih (15/10). Gladi bersih merupakan tahapan lanjutan dari simulasi ANBK berupa uji coba pra pelaksanaan ANBK yang bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi ANBK dan uji coba untuk memastikan kesiapan infrastruktur teknologi informasi, seperti jaringan internet, perangkat komputer, serta keahlian teknis siswa dalam mengoperasikan sistem berbasis komputer. Hal ini senada dengan penuturan Kris Ade Putra, S.Pd.I.Gr, selaku kepala madrasah dalam mengemukakan alasan pentingnya diadakan gladi bersih.

“Tujuan diadakannya gladi bersih ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana kesiapan madrasah dalam menyelenggarakan ANBK. Selain itu juga sebagai uji coba untuk mengetahui kendala yang mungkin terjadi, sehingga pada saat pelaksanaan ANBK yang sesungguhnya semakin optimal”, tutur kepala madrasah.

Berlokasi di salah satu ruang kelas madrasah, sebanyak kurang lebih 30 peserta didik kelas 5 mengikuti gladi bersih ANBK. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 14 dan 15 oktober dan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pukul 07.30 WIB sampai dengan 09.40 WIB, sedangkan untuk sesi kedua dari pukul 10.40 WIB sampai dengan 12.50 WIB. Menurut Kiki Pustika Sari, SE yang merupakan proktor dalam kegiatan ini, para peserta didik tampak antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan gladi tersebut. Mereka dapat menyelesaikan soal dengan waktu yang ditentukan.

“Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan dengan lancar meskipun masih terdapat sedikit kendala pada aplikasi yang sesekali error. Namun ini menjadi evaluasi bagi kami untuk mempersiapkan kegiatan ANBK yang sesungguhnya dengan lebih baik lagi, sehingga dapat meminimalisir atau bahkan menghilangkan kendalanya” ujarnya.

Dengan adanya pelaksanaan gladi bersih ini, diharapkan pelaksanaan ANBK 2024 di MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu mendatang sukses dilaksanakan dan para peserta didik memperoleh hasil yang memuaskan.(liza)

 


TERKAIT

Berita LAINNYA