MAN Rejang Lebong Raih Duta Pelajar Juara Indonesia Batch 3 tahun 2024

Rejang Lebong (Humas) ---Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rejang Lebong, Afrah Dzakiyyah Dzakira, atau yang akrab disapa Ara berhasil mengharumkan nama daerahnya dengan meraih gelar Duta Pelajar Juara Indonesia (DPJI) batch 3 tahun 2024. Siswi berprestasi ini  meraih peringkat ke-9 pada divisi riset dan inovasi.

Duta Pelajar Juara Indonesia merupakan sebuah program pengembangan diri bagi pelajar yang diselenggarakan oleh Yayasan Suksesia Prestasi Indonesia. dan sebuah lembaga resmi yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI Program ini bertujuan untuk mencetak generasi muda Indonesia yang memiliki integritas, inovasi, dan kreativitas. Para Duta Pelajar Juara Indonesia terpilih akan mendapatkan berbagai pelatihan dan kesempatan untuk mengembangkan potensi diri mereka, sehingga mampu menjadi role model.

Dalam wawancara singkat, Ara menjelaskan bahwa menjadi DPJI bukanlah hal yang mudah. “Proses seleksinya sangat ketat, dimulai dari tes administrasi, tes wawasan kebangsaan, hingga pembuatan advokasi 3 rencana aksi,” ungkapnya. Seluruh tahapan seleksi dilakukan secara online melalui platform Zoom. Untuk dapat menyandang gelar DPJI, peserta harus memenuhi beberapa kriteria yang cukup ketat. “Selain memiliki prestasi akademik yang baik, kami juga dinilai dari segi personal branding, mental health, attitude, aktif diberbagai acara, berani berpendapat, mampu secara Akademik dan memiliki wawasan luas." jelas Ara.

Prestasi yang diraih Ara ini membuka peluang bagi dirinya untuk mengikuti berbagai event, baik di tingkat nasional maupun internasional. “Dengan menjadi DPJI, saya mendapatkan golden tiket untuk mengikuti berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas diri saya,” ujar Ara lagi dengan penuh semangat.(julita)


TERKAIT

Berita LAINNYA