Seluma (Humas) - KUA Pusaka Kecamata Sukaraja menuju KUA revitalisasi sehingga pelayanan prima atau Excellent Service adalah suatu pelayanan terbaik yang memenuhi harapan pemangku kepentingan sehingga mereka merasa puas menerrima layanan di KUA Kecamatan Sukaraja ini ,ujar Hamdan selaku Kepala KUA kecamata Sukaraja.
Lanjut Hamdan program revitalisasi KUA mencakup pembenahan di berbagai bidang, baik fisik maupun non-fisik. Fasilitas fisik KUA akan ditingkatkan agar lebih nyaman bagi masyarakat yang datang, sementara sistem administrasi dan layanan non-fisik akan ditingkatkan untuk memastikan proses administrasi berjalan dengan lancar.
Kepala KUA Kecamatan Sukaraja H.D. Hamdan Fauzi ,S.Sos.I, menyatakan bahwa tujuan utama revitalisasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas 9 layanan yang dilakukan oleh KUA kepada masyarakat. Program ini bertujuan untuk menjadikan layanan KUA lebih efisien, transparan, dan fokus pada kepentingan masyarakat.
Untuk itu KUA Kecamatan Sukaraja mempunyai konsep layanan prima yang disingkat dengan 7A + 1S, yaitu :
1. Attitude (Sikap)
2. Perhatian (Perhatian)
3. Action (Tindakan Nyata)
4. Kemampuan (Kemampuan/Pengetahuan)
5. Penampilan yang rapi dan sopan.
6. Akuntabilitas (Tanggungjawab)
7. Afirmasi (Berpikir Positif)
8. Simpati (Simpati)
Pelayanan prima di KUA akan sangat prima ketika konsep diatas dijalankan secara profesional dan penuh tanggung jawab. Dan akan menjadi moment of truth bagi setiap masyarakat penerima layanan sejalan dengan konsep revitalisasi KUA.
Sebuah momen atau pengalaman yang paling berkesan dapat diperoleh masyarakat saat berinteraksi dengan pemberi layanan, maka setiap sentuhan layanan akan memberikan kesan positif. (Eka/.JA)