55 Tenaga Kearsipan Kemenag Bengkulu Ikuti Orientasi

Bengkulu (Informasi dan Humas) 2/9- Sebanyak 55 pegawai yang merupakan tenaga Kearsipan diwilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu Mengikuti Orientasi Peningaktan Wawasan Kearsipan dan Tata Kelola Kepustakaan di Hotel Nala Sea Side, Selasa (27/8). Kegiatan Orientasi yang dijadwalkan dilaksanakan selama tiga hari tersebut (27 s/d 29 Agustus 2013-red) diikuti oleh utusan tenaga kearsipan dan perpustakaan dari Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, Madrasah dan tenaga fungsional arsiparis Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu. Kasubbag Umum Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H.Lapulangi, MM menyebutkan bahwa dana pelaksanakan orientasi tersebut bersumber dari DIPA Sekjen Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu dan dalam petunjuk teknis pelaksanaan, orientasi itu diikuti oleh 55 orang dengan enam materi yang disampaikan. Materi tersebut diantaranya adalah peran arsip dalam keterbukaan informasi publik, Arsip sebagai sumber informasi dalam pengambilan keputusan, Aplikasi arsip dinamis Kementerian agama, penataan arsip aktif dan in aktif serta manajemen pengembangan dan tata kelola Perpustakaan. Selain narasumber dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, dalam orientasi itu juga diisi oleh narasumber dari Biro Umum Kementerian Agama RI, yaitu Bapak Amir Ja'far,S.IP,MM dan Aziz Hidayat yang menyampaikan materi aplikasi arsip dinamis kementerian agama dan penataan arsip aktif dan in aktif. Sementara itu, dalam sambutannya, Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, H.Suardi Abbas,SH,MH menekankan akan pentingnya arsip dalam sebuah organisasi atau kantor, " Arsip adalah jantung sebuah organisasi," tegasnya. Menurut dia, dengan sistem pengarsipan yang baik, maka pelayanan dan kinerja aparatur dapat lebih sistematis dan tentunya dapat memberikan kemudahan dalam proses pencarian arsip/dokuman, " Dengan sistem kearsipan yang baik, saya yakin proses pelayanan kepada masyarakat juga dapat diberikan secara optimal," sambungnya. Penulis : Jaja (b) Editor : H.Nopian Gustari

TERKAIT

Wilayah LAINNYA