Kota Bengkulu (Humas)-Untuk meningkatkan peran Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu mengadakan sosialisasi yang bertemakan digitalisasi Aplikasi Administrasi Layanan, Rabu 16 Juni 2021 bertempat di Aula Kantor Kemenag Kota Bengkulu. Dihadiri oleh seluruh kepala KUA dan perwakilan penghulu Kota Bengkulu, acara tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Bengkulu yang diwakili Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam. Hadir sebagai Pemateri yaitu Tim dari Bidang URAIS Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu.
Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Bengkulu, H. Rolly Gunawan, S.Sos.I.,M.H.I menyampaikan untuk mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang kredibel dan lebih berkualitas tentunya membutuhkan kerjasama semua pihak terutama penghulu dan penyuluh. Hal ini perlu dilakukan dikarenakan KUA merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Agama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Langkah awal mewujudkan hal tersebut adalah dengan memanfaatkan teknologi digital dan peningkataan sumber daya manusia penghulu dan penyuluh.
“Belum lama ini Kementerian Agama mengeluarkan peraturan kepenghuluan yang baru demi meningkatkan fungsi penghulu yang nantinya akan mendukung revitalisasi atau peningkatan pelayanan di KUA. Semua penghulu harus memahami dan menerapkan ini”,ungkap Rolly.
Rolly juga menambahkan sesuai dengan arahan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas beberapa waktu yang lalu, revitalisasi KUA bertujuan untuk peningkatan kualitas kehidupan umat beragama, penguatan peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan, penguatan program dan layanan keagamaan, dan peningkatan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan.
“Mari kita dukung bersama rencana Menag dalam upaya peningkatan peran dan fungsi KUA sehingga nantinya tercipta pelayanan yang mudah dan terpercaya bagi masyarakat”,tutup Rolly. (Rozi/Popi)