Verifikasi Masjid AMPERA, Kemenag Benteng Sambut Tim Penilai

Masjid merupakan tempat beribadah umat muslim melaksanakan solat dan kegiatan keagamaan

Bengkulu Tengah, (Humas) - Masjid merupakan tempat beribadah umat muslim melaksanakan solat dan kegiatan keagamaan, banyak juga masjid juga berfungsi tempat pendidikan dan kegiatan sosial, Anugrah Masjid Percontohan (AMPERA) Tingkat Nasional sebagai upayan Kementerian Agama menciptakan masjid yang nyaman, dengan masjid yang makin terstandar dan ramah, jamaah akan semakin nyaman berada dan beribadat di masjid/musala. (13/09/24).

Tim Penilai dari Dirjen Bimas Islam melaukan verifikasi penilaian pada masjid Al-Ikhlas Desa Harapan  Makmur Kecamatan Pondok Kubang  Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu sebagai Katagori  Masjid Ramah Anak dan Perempuan  dan di sambut langsung oleh Kepala Kemenag Kabupaten Bengkulu  Tengah Dr. H. Zainal Abidin, M.H  serta jajaran Kasi Bimas Dr. Rusman, M.Pd, Kepala KUA Pondok  Kubang Mintarno dan seluruh  panitia penyambutan yang berkerja sama dengan pengurus masjid Al-Ikhklas.

Tim Penilai Ampera dari Dirjen Bimas Islam yaitu :
- Ismail Fahmi (Kasubdit Hisab Rukyat)
- Zam Zam Kusumaatmaja (Analis Kebijakan Ahli Muda)

Kepala Kantor Kemenag Benteng menyampaikan "Kegiatan ini setidaknya bisa mengonsolidasikan potensi daerah. Kolaborasi Kemenag daerah dengan Pemda setempat dalam Pembinaan SDM kemasjidan dan fisik masjid akan terjalin sinergis, dan makin kuat" Ujarnya.

Sementara itu, Tim Penilai Ampera ,Ismail Fahmi mengatakan, setelah melakukan penilaian "peninjauan lapangan untuk melihat dan sinkronisasi data atau profil yang dikirim ke tim penilai. Terbaik satu akan dikirim ke tingkat nasional dari masing-masing 10 kategori yang dinilai," Jelasnya.

Ada 10 kategori masjid yang akan dinilai Masjid Agung Percontohan, Masjid Besar Percontohan, Masjid Bersejarah Percontohan. Masjid Jami' Percontohan. Masjid Tempat Publik Percontohan.

Kemudin Masjid Ramah Anak & Perempuan. Masjid Ramah Difabel & Lansia. Masjid Ramah Lingkungan. Masjid Ramah Musafir & Dhuafa dan Masjid Ramah Keragaman.


TERKAIT

Berita LAINNYA