Tim Irjen Kemenag RI Melakukan Sosialisasi dan Fraud Control Plan Kantor Kemenag Bengkulu Tengah

Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah bersama Tim Inspektorat Jenderal Kemenag RI melakukan Sosialisasi dan Diagnostic Assesment Implementasi Fraud Control Plan

Bengkulu Tengah,(Humas) - Berdasarkan Agenda Program Prioritas Pengawasan Internal (P3I) dalam rangka pencegahan kecurangan pada satuan kerja di Kementerian Agama, maka perlu dilaksanakan sosialisasi dan diagnostic assessment impelementasi Fraud Control Plan, Kementerian Agama  Kabupaten Bengkulu Tengah bersama Tim Inspektorat Jenderal Kemenag RI melakukan Sosialisasi dan Diagnostic Assesment Implementasi Fraud Control Plan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu 14-16 Agustus 2024.

Kegiatan bertempat di ruang rapat Kantor Kemenag Benteng Rabu (14/08/2024), yang dihadiri Kasubag TU, Kasi Bimas, Kasi Pendis, Kasi PHU dan  unsur ASN yang termasuk dalam Tim Sistem Pengendalian Intern Pemerintah pada Kantor Kemenag Bengkulu Tengah.

Wachid Yulianto sebagai tim Itjen Kemenag RI dalam pemaparannya menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk membangun kesadaran dan mengedepankan langkah prevetif sebelum pelanggaran atau kecurangan terjadi. Investigasi adalah bagian dari kegiatan korektif.

Umi Chulsum selaku Pengendali Teknis menjelaskan secara rinci tentang konsep, strategi, dan implementasi Fraud Control Plan (FCP) yang harus diadopsi oleh setiap unit kerja. Ia berharap "semua pihak memahami peran dan tanggung jawabnya dalam mencegah, mendeteksi, dan menindak setiap bentuk kecurangan yang mungkin terjadi,” ujar beliau.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah Dr. H. Zainal Abidin, M.H, dalam pengantarnya menyampaikan apresiasi atas inisiatif Itjen Kementerian Agama yang telah menyelenggarakan sosialisasi ini.

“Dengan adanya Sosialiasi Fraud Control Plan, kami berharap semua unsur di lingkungan kerja dapat mengawal dan mencegah potensi terjadinya tindakan kecurangan dalam bentuk apapun di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah” tuturnya.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan seluruh pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah dapat lebih waspada dan proaktif dalam menjaga integritas dan profesionalisme, serta menghindari segala bentuk Kecurangan yang dapat merugikan institusi dan masyarakat luas.

Adapun Tim Itjen sebagai berikut :

1.    Umi Chulsum
2.    Wachid Yulianto
3.    Desrizal
4.    Sarah Indah Safitri


TERKAIT

Berita LAINNYA