Tengah Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024, MTsN 1 Seluma Laksanakan Asesmen Berbasis Android

Seluma (Humas).- Penilaian Tengah Semester  merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didiknya setelah melaksanakan 8-9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang mempresetasikan seluruh KD/TP pada periode tersebut (21/3).

MTsN 1 Seluma melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap Tahun Pelajaran 2023/2024 dari tanggal 18 sd 27 Maret 2024. Kegiatan PTS dilaksanakan berbasis Android/ HP dengan menggunakan aplikasi E-Ujian MTs. Seluruh siswa diwajibkan mengambil kartu peserta  karena di dalam kartu peserta terdapat username dan password untuk login ke aplikasi. Bagi siswa kelas IX dan VIII penilaian ini diistilahkan dengan PTS (Penilaian Tengah Semester) karena kedua kelas tersebut mengimplementasikan Kurikulum 2013. Disisi lain, kelas VII diistilahkan ATS (Asesmen Tengah Semestar) karena kelas VII mengampu Kurikuum Merdeka.

Ketua pelaksana PTS Genap TP 2023/2024 M. Daim Lubis, S.Pd  mengatakan “ Karena ini bulan puasa, PTS dimulai pukul 08.00 pagi. Setiap hari ada 2 atau 3 sesi ujian yang masing masing berdurasi waktu selama 60 menit.”

M Daim juga menambahkan bahwa ujian yang dilaksanakan selama 7 hari kerja ini membutuhkan persiapan yang matang. Persiapan yang tentu  berangkat dari hasil musyawarah Guru dan TU terkait dengan jenis dan jumlah soal. Selanjutnya hasil PTS ini akan dijadikan sebagai komponen nilai sementara disamping nilai harian dan tugas.  Nilai juga diharapkan menjadi evaluasi bagi siswa dan orang tua agar ke depan lebih baik lagi. “Karena penting itula, pengawas benar benar  mengawasi kelasnya. Imbuh Daim.

Sementara itu kepala MTsN 1 Seluma, Isrul Aswanto, S.Pd, menyambut baik kegiatan ini. “Tentu, saya support penuh kegiatan ini, semoga kegiatan Penilaian atau PTS ini berjalan sesuai rencana kita bersama”

PTS berbasis android tentu banyak sekali manfaatnya dan banyak sekali kemudahan yang tersaji pada proses ini. “Kita tentu yakin bahwa banyak manfaat yang tergali dengan pelaksanaan ujian berbasis andoid ini. Untuk  mari kita laksanakan sebaik-baiknya!” Demikian pungkas Isrul (Naf/VR)


TERKAIT

Berita LAINNYA