Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Air Periukan Isi Tausiyah Pesantren Kilat di SMPN 11 Seluma

Seluma (Humas) – Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Air Periukan  M. Wahid Syafiuddin, M.Ag mengisi tausiyah ramadhan di SMPN 11 yang beralamat di Desa Sukasari Kec. Air Periukan mengadakan Pesantren Kilat dengan Tema "Membentuk Kepribadian yang disiplin, dan Berakhlakul Karimah"pada  Rabu (27/3).

Dalam sambutan pembuka, Kepala Sekolah SMPN 11 Seluma, Rahidi Asmara, M.Pd, menyampaikan tujuan diadakannya Pesantren Kilat ini, yakni untuk menumbuhkan dan memupuk keimanan dan ketaqwaan siswa siswa khususnya Bulan Suci Ramadhan, dimana terdapat perintah puasa dan peristiwa Nuzul Quran. Beliau juga menyampaikan, bahwa kegiatan ini terselenggara atas kerjasama seluruh dewan Guru dan tenaga kependidikan dilingkungan SMN 11, terutama Guru PAI yang mengkoordinir dan menginisiasi kegiatan Pesantren Kilat ini.

M. Wahid Syafiuddin, M.Ag selaku PAI Fungsional di KUA Kec. Air Periukan didapuk sebagai pengisi materi atau narasumber dalam kegiatan Pesantren Kilat tersebut. Dimana notabene Desa Sukasari memang Desa Binaan daripada KUA Kec. Air Periukan.

Adapun tema Tausiyah yang disampaikan adalah sebagai berikut;

1. Perintah Puasa di dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah 183, dimana hukumnya Wajid. Bagi yang beragama Islam, berakal sehat, baligh dan mukim atau tidak sedang dalam perjalanan (musafir).

2. Nuzulul Qur'an, bulan Ramadhan adalah bulan bersejarah bagi umat Islam, karena mukjizat terbesar Nabi Muhammad untuk seluruh umat manusia ini diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan. Dengan detail rinciannya; diturunkan selama 23 tahun, 30 juz, 114 surat, 6666 ayat, serta dengan jenis makkiyah dan madaniyyah. Hal ini juga termaktub dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 185.

Di akhir sesi Tausiyah, M. Wahid Syafiuddin berpesan kepada siswa dan siswi SMP 11 Seluma, “ untuk menjaga ibadah puasa Ramadhan hingga akhir menjelang idul Fitri, serta menghiasi Ramadhan dengan memperbanyak membaca Al-Qur'an”tutupnya (Naf/MWS).


TERKAIT

Berita LAINNYA