Pelayanan Administrasi KUA Kecamatan Seluma Selatan Dengan Menerapkan 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama

Seluma (Humas) – Pelayanan Administrasi Nikah KUA Kecamatan Seluma Selatan selalu berupaya dalam meningkatkan pelayanan yang prima dan terbaik untuk masyarakat. Tidak hanya persoalan tentang menikah saja, tetapi tentang zakat, wakaf, haji, umroh dan pensertifikatan produk halal pun selalu dilayani di KUA Kecamatan Seluma Selatan ini, Kamis (19/9).

Sedikit cerita, pelayanan yang ada di KUA Kecamatan Seluma Selatan selain mengenai permasalahan peadministrasian juga selalu menghadapi masyarakat dengan sifat, sikap dan prilaku yang berbeda-beda. Kadang ada lucunya, senangnya, terharunya dan tidak sedikit yang “merengamkan” itu menurut bahasa asli Seluma yaitu Bahasa “Serawai” yang kurang lebih artinya “mengesalkan atau meresahkan”, tetapi tidak semua yang seperti itu. Mungkin dari 100 % hanya 1 % nya saja seperti itu. Untuk menghadapi masyarakat dengan karakter yang berbeda-beda seperti ini, kita selaku pelayanan umum tetap harus bersikap dan menerapkan 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama yaitu : 
1.    INTEGRITAS :  Keselarasan Antara Hati, Pikiran, Perkataan Dan Perbuatan Yang Baik Dan Benar
2.    PROFESIONALITAS : Bekerja Secara Disiplin, Kompeten Dan Tepat Waktu Dengan Hasil Terbaik
3.    INOVASI : Menyempurnakan Yang Sudah Ada Dan Mengkreasi Hal Baru Yang Lebih Baik
4.    TANGGUNG JAWAB : Bekerja Secara Tuntas Dan Konsekuen
5.    KETELADANAN : Menjadi Contoh Yang Baik Bagi Orang Lain

Kepala KUA Kecamatan Seluma Selatan Elon Suparlan, S.H.I.,M.H menyampaikan bahwasannya pelayanan yang diterima di KUA ini bermacam-macam, dari mengenai nikah yang administrasi kependudukannya masih banyak yang berbeda, mengenai perwalian (wali nasab, wali hakim, dan wali berwakil), mengenai wakaf/hibah, haji/umrah, mengukur arah kiblat Masjid/Musholah, sertifikat produk halal, sampai surat keterangan belum menikah guna syarat menjadi anggota POLRI/TNI dan surat keterangan menikah belum tercatat guna keperluan siding Isbat Nikah. Kelihatannya saja KUA ini sepi dan tidak sibuk ternyata dibalik itu semua pelayanan sangat banyak dan cukup membingungkan. Dengan semua permasalahan yang ada, KUA Kecamatan Seluma Selatan tetap semangat dalam melayani Masyarakat dengan optimis dan profesional sesuai dengan 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama. (Eka/Yul)


TERKAIT

Berita LAINNYA