Pelaksanaan Pentas Seni, Prakarya, dan Project P5-PPRA Wadah Kreasi Siswa MTsN 1 Kota Bengkulu Berlangsung Meriah

Pelaksanaan Pentas Seni, Prakarya, dan Project P5-PPRA Wadah Kreasi Siswa MTsN 1 Kota Bengkulu

Kota Bengkulu (Humas)- Pelaksanaan Pentas Seni, Prakarya dan Project P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)-PPRA (Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) menjadi wadah kreasi siswa MTsN 1 Kota Bengkulu. Kegiatan yang digelar berbarengan dengan Launching Kantin Halal MTsN 1 Kota Bengkulu pada Kamis lalu ini menampilkan penampilan pentas seni oleh kelas IX, Prakarya dan Project P5-PPRA oleh kelas VII dan VIII. 

Profil pelajar Pancasila dan pelajar Rahmatanlil Alamin adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya satuan pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan ekstrakurikuler. 

Hal tersebut berbanding lurus dengan fungsi pendidikan nasional untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban dangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, serta bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, kreatif, cakap, madiri dan bertanggungjwab serta menjadi warga Negara yang demokratis.
 
Hal senada juga disampaikan Kepala MTsN 1 Kota Bengkulu, Diniah, M.Pd.Si yang mengemukakan bahwa pembelajaran di lembaga pendidikan tidak hanya berorientasi pada pengetahuan saja.
" akan tetapi berpikir kritis, berpikir kreatif, berkomunikasi dengan baik dan berkolaborasi dengan teman juga merupakan bentuk pembelajaran yang harus di kuasai siswa, ungkapnya".

Penampilan pentas seni kelas IX, menampilkan tari kreasi, tari daerah, atraksi DOL dan band. Setiap kelas menampilkan tari kreasi masing-masing, diantaranya tari lancang kuning (9a), tari melayu kipas (9b), Atraksi dol dan tari daerah bengkulu kreasi (9c), tari kreasi bengkulu dan band (9d), tari sumatra utara dan band (9e), atraksi dol dan tari melayu (9f), tari bengkulu dan band (9g), tari bercerita pangeran, Balai buntar dan band (9h), tari wordelful indonesia dan band (9i), tari daerah kreasi dan band (9j), tari kreasi dan band (9k).

Prakarya dan P5-PPRA oleh kelas VII dan VIII menyuguhkan Market Day dengan berjualan jajanan, masakan dan olahan makanan lainnya dimana siswa menjadi seorang penjual dan bahkan pembeli juga. Kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Selain untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan, kegiatan ini untuk melatih siswa dalam mengenal dan mengelola keuangan. (MTsN1KoBe/Popi)


 

 
 
 
 
 

 


 


TERKAIT

Berita LAINNYA