PAI KUA Kecamatan Kabawetan Bicara tentang Syukur Nikmat dalam Pengajian Akbar BKMT

PAI KUA Kecamatan Kabawetan Bicara tentang Syukur Nikmat dalam Pengajian Akbar BKMT

Kepahiang (Humas) ---- Dalam rangka Pengajiann Akbar BKMT Kecamatan Kabawetan dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, sebuah Pengajian  Akbar digelar di Masjid Syuhada Desa Sido Makmur, Kecamatan Kabawetan, Jum’at (04/10/2024). Acara ini melibatkan mubaligh, Darsun Awalmi, S.Sos.I, yang juga Penyuluh Agama Islam dari KUA Kecamatan Kabawetan Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang.

Dalam ceramahnya, Darsun Awalmi menyampaikan pesan mengenai pentingnya mensyukuri segala nikmat , dengan menjadikan karakter Nabi Muhammad SAW sebagai teladan dalam kehidupan sehari-hari.

“Mensyukuri nikmat  berarti mencerminkan karakter umat Nabi Muhammad SAW. Syukur nikmat tidak hanya sekadar kebebasan fisik, tetapi juga tanggung jawab moral untuk berakhlak mulia,” ujar Darsun.

Selain itu, Darsun Awalmi juga menekankan pentingnya menerapkan nilai-nilai luhur dalam QS. Al-Fath ayat 29, yang mengajarkan umat Islam untuk mencerminkan akhlak Nabi Muhammad SAW dengan memperkuat iman, melaksanakan ibadah dengan sungguh-sungguh, dan menjaga kebaikan sosial.

"Sebagai umat Islam, kita diajak untuk menunjukkan rasa syukur kita melalui tindakan nyata seperti memperkuat aqidah Ahlussunnah wal Jamaah, peduli terhadap sesama, menjaga shalat, mencari ridha Allah SWT, dan menjauhi perbuatan keji," tambah Darsun.

Acara ini dibuka dengan pentas seni Islami yang memukau para hadirin. Tim Hadro Syuhada turut menyemarakkan suasana dengan lantunan salawat yang harmonis, mendampingi ceramah.  Imam Subhi, Penyuluh Agama Islam dari KUA Kabawetan yang turut hadir mengatakan bahwa Tim Hadra yang tampil bersama di gelarnya ceramah Darsun sangat kompak, menyertai shalawat dan syair-syair bahasa Arab yang disampaikan dalam ceramah.

Kepala Desa Sido Makmur, yang menjadi tuan rumah acara, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan PAI KUA Kecamatan Kabawetan yang telah mengisi kegiatan pengajian.

“Terima kasih atas kesediaan Ustadz Darsun Awalmi yang telah bersedia memenuhi undangan kami untuk yang kedua kalinya,” ungkapnya.

Apresiasi serupa juga datang dari Ketua BKMT Kecamatan Kabawetan , Hartati, yang mengungkapkan rasa terima kasihnya atas sharing ilmu membuka wawasan baru.

Acara Pengajian  Akbar ini berlangsung dengan penuh khidmat, menyatukan semangat kebangsaan dan nilai-nilai keislaman dalam satu momen yang bermakna. Para jamaah yang hadir merasakan dampak positif dari pesan-pesan yang disampaikan, di mana ajakan untuk meneladani Nabi Muhammad SAW menjadi landasan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik, baik sebagai individu maupun sebagai bangsa yang telah merdeka. (DA)


TERKAIT

Berita LAINNYA