Optimalisasi Peran Laboran: Laboratorium IPA MAN Rejang Lebong Tingkatkan Efektivitas Pembelajaran

REJANG LEBONG (HUMAS) ---- Dalam upaya mendukung pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka, MAN Rejang Lebong kini meningkatkan pemanfaatan laboratorium sebagai sarana penelitian dan praktikum siswa. Langkah ini bertujuan untuk memaksimalkan efektivitas pembelajaran dengan memperluas fungsi laboratorium sebagai wadah eksperimen ilmiah.

Laboratorium IPA di MAN Rejang Lebong dikelola dengan penuh dedikasi oleh Dona, seorang laboran berpengalaman yang memiliki latar belakang pendidikan D3 Laboratorium Sains. Dona berperan penting dalam memastikan kegiatan praktikum dan penelitian di laboratorium berjalan dengan lancar.

“Seperti hari ini, kami mengadakan praktikum kimia yang dipandu oleh guru kimia dan dibantu oleh saya sebagai laboran. Fungsi utama laboran adalah mengelola laboratorium dan mendampingi kegiatan praktikum yang dipandu oleh guru pembimbing,” ujar Dona.

Menurut Dona, praktikum dan penelitian di laboratorium membantu siswa memahami konsep sains secara lebih mendalam, karena mereka dapat menemukan dan mengaplikasikan teori langsung. Materi yang sering menggunakan laboratorium meliputi Fisika, Biologi, dan Kimia, baik untuk praktikum langsung maupun menggunakan laboratorium digital.

Untuk menjaga laboratorium tetap relevan dengan kemajuan teknologi, MAN Rejang Lebong juga telah mengintegrasikan Laboratorium Digital, seperti simulasi PhET. “Kami berusaha selalu mengikuti perkembangan teknologi untuk memaksimalkan penggunaan laboratorium dalam pembelajaran,” tambah Dona.

Selain itu, Dona aktif mengikuti pelatihan laboratorium untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam mengelola laboratorium. Ia juga bertanggung jawab dalam penyusunan alat dan bahan laboratorium secara terstruktur, memastikan semua peralatan siap digunakan sesuai dengan kebutuhan praktikum siswa.

Dengan langkah-langkah tersebut, MAN Rejang Lebong berkomitmen untuk menyediakan lingkungan belajar yang optimal, mendorong siswa untuk aktif dalam penelitian, dan mendalami sains melalui praktik langsung yang efektif dan menyenangkan.(jullita)


TERKAIT

Berita LAINNYA