Mudahkan Umat Cari Pendakwah, Kemenag Kaur Sosialisasikan Aplikasi “Ustadz Kita”

HUMAS (KAUR) - Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf (Penais Zawa) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu H. Arsan Suryani, S.Ag, M.H.I. didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur H. Irawadi, S.Ag., M.H. melalui Kasi Bimas Islam Wislansyah, S.Pd.I. melakukan sosialisasi aplikasi ustadz kita untuk terobosan pelayanan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya mencari para pendakwah melalui layanan digital yang praktis. Acara sosialisasi aplikasi Ustadz Kita digelar di Aula Moderasi Kantor Kemenag Kabupaten Kaur, Senin (20/11/23).

Kasi Bimas Islam Wislansyah, S.Pd.I. berharap aplikasi Ustadz Kita akan memudahkan masyarakat umum mencari pendakwah untuk diundang memberikan ceramah dan pemahaman keagamaan.

"Platform ini diharapkan menjadi jembatan para da'i yang berwawasan moderat, dalam mengambil peran untuk mengisi ruang digital dengan konten-konten dakwah yang mencerahkan." Harap Wislansyah.

Hadir pada acara tersebut Subkor Seksi Kemitraan Umat Publikasi Dakwah dan HBI Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Rizal, S.Pd.I, M.Pd beserta tim kerja dari Bidang Penais zawa Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, serta 40 peserta sosialisasi yang terdiri dari penceramah (dai) di Kabupaten Kaur.

Menurut Kepala Bidang Penais Zawa Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu H. Arsan Suryani, S.Ag, M.HI. aplikasi tersebut menunjukkan transformasi digital terus dilakukan guna memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Da’i diharapkan bisa membentengi umat agar tidak tertipu, terbujuk, terayu konten dakwah di media sosial yang disampaikan bukan oleh ahlinya. Jika sesuatu diserahkan bukan pada ahlinya maka tinggi saat kehancurannya.

“Pekerjaan penting para da'i adalah penanggung jawab dan penuntun umat, Da’i adalah obor bagi jalan terangnya umat. Jangan ada yang menggunakan agama untuk membenci satu sama lain. Selain sebagai penceramah, da’i juga mengemban peran penting sebagai pembawa kasih sayang di tengah masyarakat,” ujar Arsan Suryani

Sementara itu, Subkor Seksi Kemitraan Umat Publikasi Dakwah dan HBI, Rizal, M. Pd.I menerangkan, tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada seluruh peserta terkait penggunaan aplikasi Ustadz Kita. 

 

“Para peserta yang melek teknologi informasi. Aplikasi itu dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk mencari pendakwah yang terkait isu sentral Kemenag yang moderat. Tujuan lainnya sebagai ajang silaturahmi bagi para peserta, dan dapat mendukung aktivitas keagamaan di masyarakat.” Tutup Rizal (Roby/Endang)


TERKAIT

Berita LAINNYA