MTsN 1 Kota Bengkulu Gelar Haflah Tahfidz Quran Angkatan ke 5 Tahun 2024

Kota Bengkulu (Humas)- Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Bengkulu gelar Haflah Tahfidz Quran Angkatan ke 5 Tahun 2024 yang diselenggarakan di Gedung Islamic Center  Baitul Izzah Kota Bengkulu, Rabu (12/6).

Haflah Angkatan ke 5 Tahun 2024 ini menjadi momen yang sangat penting bagi MTsN 1 Kota Bengkulu karena dari hasil tahapan-tahapan seleksi yang telah dilaksanakan, MTsN 1 Kota Bengkulu akan memberikan penghargaan kepada 217 hafidz dan hafidzah kategori juz 30, juz 29, juz 28, juz 27, juz 1, juz 2 dan juz 3.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya besar siswa-siswi MTsN 1 Kota Bengkulu dalam menghafal dan mengamalkan ayat suci Al Quran serta sebagai wadah untuk berbagi inspirasi dan semangat kepada generasi muda yang sudah mulai kurang mencintai Al Quran dan lebih menyukai game dan gadget. 

Kegiatan ini  dihadiri oleh Kasi Sarana dan Prasarana Kanwil Provinsi Bengkulu Dr. H. Rahman Umar, M.Pd dan Kasi Kelembagaan Ibu Okti, Kasubag Tata Usaha Kemenag Kota Bengkulu, Dr. H. Fahrurrazi M.Si siswa-siswi peserta Haflah Tahfidz beserta orang tua, Pengawas Madrasah dan Ketua Komite beserta pengurusnya, keluarga besar MTsN 1 Kota Bengkulu serta seluruh undangan dari berbagai instansi dan sekolah di Kota Bengkulu.

Dalam sambutannya, Kepala MTsN 1 Kota Bengkulu, Diniah, M.Pd.Si. mengatakan Kegiatan ini mengangkat tema “Bersama Al-Qur’an Menjadi Pribadi Utrujah”. Pribadi Utrujah adalah pribadi yang memiliki keluhuran lahir dan batin, pribadi yang good looking baik diluar maupun didalam, kehidupannya  selalu dihiasi dengan akhlak yang mulia, sikap dan perbuatan nya selalu membuat siapapun disekitarnya aman dan nyaman .

Diniah berpesan jadilah kalian seperti buah Utrujah memiliki kepribadian lahir dan batin, pribadi yang good looking baik diluar maupun didalam, serta hiasilah hidup kalian dengan ahklak mulia, berbuat baik dan bersikap santun sehingga siapapun yang berada akan merasa sejuk,aman, tentram hatinya dan akan menjadi dambaan setiap orang tua yaitu anak penyejuk hati orang tua nya. Serta saya mengaku sangat bangga dan terharu dengan usaha maksimal siswa-siswi yang punya semangat tinggi dalam menghafal Alquran.

Tidak berhenti disana, kegiatan haflah tahfidz quran sekaligus wujud dari implementasi program P5, profil pelajar pancasila, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.

Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan semoga harapannya di acara ini mereka bisa menambah hafalan selain mempertahankan yang sudah dicapai juga harapannya bisa menambah terus sehingga mereka lulus  sudah membawa bekal hafalan. 

"Agar lebih semangat menghafal, para peserta selain diberikan slempang, dan piagam, juga diberikan reward, "  ungkapnya.

"Program ini akan menjadi  unggulan madrasah, dan setiap siswa wajib punya hafalan, dengan begitu saat lulus punya hafalan minimal satu juz, " tegasnya.

Hal senada juga di ungkapkan Kepala Kasubag TU Kemenag Kota Bengkulu, Dr. H. Fahrurrazi saat memberi sambutan  mengatakan sangat mengapresiasi kepala MTsN 1 Kota Bengkulu yang telah berhasil mencetak hafidz dan hafizah. serta mendukung program pemerintah kota Bengkulu dalam mencetak generasi islami di Kota Religius.

"Bengkulu adalah Kota religius dan bahagia, ini lah salah satu kiprah Kemenag mendukung program walikota, semoga generasi dari madrasah yang bisa menambah hafalannya dan menjadi generasi berakhlak mukarimah" ungkapnya.

Ia berpesan agar siswa/siswi dapat  menjaga hafalannya dengan cara mengimplementasikan hafalannya dalam kehidupan sehari-hari. " Menghafal  itu mudah, namun menjaga hafalan itu sangat sulit sekali," ungkapnya. (MTsN1KoBe/Popi)


TERKAIT

Berita LAINNYA