MTsN 1 KoBe Gelar Lomba Tari Kreasi P5 : Tumbuhkan Semangat Persatuan dan Cinta Tanah Air

MTsN 1 KoBe Gelar Lomba Tari Kreasi P5 : Tumbuhkan Semangat Persatuan dan Cinta Tanah Air

Kota Bengkulu (Humas) - Untuk memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 79 Tahun 2024, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Bengkulu mengadakan kegiatan lomba Tari Kreasi P5 Kurikulum Merdeka yang dikuti hampir 90% kelas. Kegiatan diselenggarakan bertempat di lapangan MTsN 1 Kota Bengkulu pada Rabu 14 Agustus 2024.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rismayenti, M.Pd selaku Guru Pelajaran Seni dan Budaya MTsN 1 Kota Bengkulu, dalam sambutan dan arahannya Rismayenti mengatakan bahwa selain untuk memeriahkan HUT RI Ke 79 perlombaan ini juga diadakan untuk Menumbuhkan semangat Persatuan dan Cinta Tanah air serta sebagai ajang pencarian bakat siswa untuk perlombaan-perlombaan selanjutnya.

Dalam kegiatan lomba kali ini MTsN 1 Kota Bengkulu menyelenggarakan ajang Tari Kreasi P5  antar kelas yang bertema “Dengan Tari P5 Kita Tumbuhkan Semangat Persatuan dan Cinta Tanah Air” guna meningkatkan partisipasi warga Madrasah untuk menghargai dan memperingati perjuangan para pahlawan dengan semangat mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif, menumbuh kembangkan kompetensi yang dimiliki setiap siswa. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan siswa untuk berperan aktif dalam menampilkan gerakan gerakan Tari Kreasi.

Tim Penilai Kegiatan lomba Tari Kreasi P5 antar kelas ini Adalah Rismayenti, M.Pd dan Handika Rizki Ramadhan, S.Pd.

Aspek penilaian dalam lomba ini di nilai dari aspek ruang (pola lantai), Ketepatan waktu dengan musik, tenaga (bagaimana mereka bisa mengeluarkan tenaga yang indah dalam menari), dan penampilan yang meliputi ekspresi, tata busana dan tata rias.

Tarian Kreasi P5 ini bukan hanya sebuah pertunjukan, tetapi juga menjadi sarana ekspresi yang memperkuat rasa kebangsaan dan kesadaran akan nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar. Setiap gerakan yang dilakukan oleh para penari memancarkan keindahan seni dan kedalaman makna, menciptakan pengalaman yang menggugah perasaan penonton. Tarian Kreasi P5 bukan hanya sebuah pertunjukan tari, melainkan sebuah karya seni yang mengajak pemirsa untuk merenung dan memahami nilai-nilai Pancasila secara lebih mendalam.  (MTsN1KoBe/Humas)


TERKAIT

Berita LAINNYA