Lolos Hingga Tingkat Nasional Kasi Pendis Kemenag Lebong Sosialisasi Ksm Dan Myres Kepada Kepala Madrasah

Lebong (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Arief Azizi, S.Ag., M.H melalui Kasi Pendidikan Islam  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Aji Agus Salim, M.Pd Laksanakan Sosialisasi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Dan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) kepada Kepala MI MTs MA negeri dan Swasta Se-Kabupaten Lebong di ruang Belajar MTs Negeri 1 Lebong Kamis, (30/05/24).

Dalam Sosialisasinya, Aji Agus Salim, M.Pd. menjelaskan bahwa dari hasil sosialisasi KSM dan MYRES di Aula Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu kemarin, bahwa setiap Madrasah (MI, MTs, dan MA) harus mengirimkan wakilnya untuk mengikuti Kompetisi Sains Madrasah  (KSM) dan Madrasah Young Researcher Supercamp (MYRES) untuk  MTs dan MA. KSM bidang kompetisi ada yang individual dan ada yang beregu, dengan berkolaborasi  diantara Madrasah, misalnya MIN 1 sama MIN 2 bisa mengikuti KSM dan MTsN 1 sama MTsN 2 berkolaborasi  mengikuti MYRES, begitu halnya pula MA, Dengan bidang Kompetisi untuk Individu tingkat MI : Matematika IPAS, untuk Individual tingkat MTs : Matematika IPA, IPS, untuk Individu tingkat MA : Matematika FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, GEOGRAFI, EKONOMI. Dan untuk regu pada tingkat MI Dengan Bidang: Sosial Sains terpadu (Matematika dan IPAS), untuk regu pada tingkat MTs Dengan Bidang: Sosial Sains terpadu, (Matematika IPA, dan IPS) untuk regu pada MA Dengan Bidang: Sosial Sains terpadu Matematika FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, GEOGRAFI, EKONOMI. Dengan masing-masing bidang 3 orang per-regu.

Untuk  “Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2024” jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Dengan mengirimkan proposal dan nanti akan diseleksi siapa yang akan melaju hingga Nasional dengan Materi : Bidang Keagamaan Islam, Penelitian bidang ini terkait pada teks dan perilaku keagamaan serta pembelajaran agama. 1. Al-Qur’an dan Tafsir 2. Hadits 3. Akidah Akhlak 4. Fiqih-Usuhul Fiqh 5. Sejarah Kebudayaan Islam 6. Integrasi Keilmuan Islam

Bidang Sosial-Humaniora, Penelitian bidang ini terkait kajian fundamental dan/atau terapan terkait ilmu ilmu sosial dan humaniora, atau kajian terhadap fenomena sosial-kemasyarakatan yang mengarah pada menemukan solusi dalam memenuhi kebutuhan hidup dan kesimbangan kehidupan. 1. Ekonomi 2. Sosiologi, Politik dan Kewarganegaraan 3. Antropologi dan Sejarah 4. Psikologi 5. Pendidikan 6. Geografi 7. Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya.

Bidang Matematika, Sains dan Pengembangan Teknologi (MST), Penelitian bidang ini meliputi kemampuan menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan ilmu matematika, eksplorasi alam semesta, modifikasi, inovasi dan teknologi, atau apl . Matematika 2. Biologi 3. Farmasi dan Kesehatan 4. Fisika dan Kebumian 5. Kimia 6. Teknologi ikasi dari ilmu pengetahuan alam untuk menemukan solusi dalam memenuhi kebutuhan manusia. semua kita mengacu pada Juknis KSM dan MYRES Tahun 2024. “Jelas Aji Agus Salim.

Lebih Lanjut, Aji Agus Salim, M.Pd. agar seluruh kepala Madrasah baik MI, MTs, MA untuk segera melaksanakan seleksi di tingkat satuan pendidikan madrasah, untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang bisa mengikuti dari Kelas 4 atau Kelas 5, Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs)  yang bisa mengikuti dari Kelas 7 atau Kelas 8, Siswa Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) yang bisa mengikuti dari Kelas 10 atau Kelas 11 Tahun Pelajaran 2024/2025.

Jangan Sampai ketinggalan informasi pahami Juknis kapan Pendaftaran segera admin Satkernya masing-masing mendaftarkannya secara online, setelah selesai Seleksi tingkat Satuan Pendidikan Madrasah memilih yang terbaik untuk dilanjutkan ke tingkat kabupaten setelah terpilih yang terbaik di kabupaten lanjut ke tingkat Provinsi, setelah berkompetisi di tingkat Provinsi baru melaju ke tingkat Nasional Harapan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Arief Azizi, S.Ag., M.H tahun 2024 Madrasah di Kabupaten Lebong bisa berlanjut hingga Tingkat Nasional, Peran Bapak Ibu Kepala Madrasah sangat penting pada KSM dan MYRES tahun ini.

Kepala Madrasah Buat SK Pembimbing dan peserta, latihan dengan Soal-Soal KSM tahun-tahun lalu, dibina secara konsisten dan lebih bagus didokumentasi setiap bimbingannya kirimkan dengan saya dan nanti saya teruskan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong, sehingga apa yang kita perjuangkan dapat berhasil paling tidaknya satu Madrasah Dari Kabupaten Lebong bisa Melanjut Ke Tingkat Nasional. “Tutup Aji (HR)


TERKAIT

Berita LAINNYA