KUA Kecamatan Sukaraja : Guru Pamong Mengajarkan Tata Cara Membuat Berita

Seluma(Humas) - Media massa mendapat peranan penting sebagai sumber informasi bagi masyarakat. Koran, majalah, radio, handphone, dan televisi menjadi makanan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan akan informasi. Terlebih kini kemajuan teknologi kian mempermudah masyarakat untuk mengakses berita dengan munculnya media online. Tahapan menulis berita atau teknik penulisan berita yang baik dan benar haruslah sesuai dengan 5W+1H. Elemen-elemen inilah yang akan membuat berita terstruktur rapi dan jelas.

Pada hari Jum’at, 06 September 2024 Juli Afni, S.HI sebagai Guru Pamong sekaligus Kontributor Berita KUA Kecamatan Sukaraja membimbing Mahasiswa PPL dalam tata cara pembuatan berita yang tersusun rapi dan mudah dipahami. Ia menyampaikan struktur berita sangatlah penting untuk membangun sebuah berita. Sebuah berita memiliki 3 struktur penting, yaitu : Judul Berita (headline), Teras Berita(lead), Isi Berita(body).

Ia juga menyampaikan, selanjutnya Mahasiswa PPL diberikan contoh berita yang sudah terbit sebagai bahan acuan untuk menyusun berita. Berharap  supaya bisa memahami dan memilih salah satu tema liputan berita yang diinginkan. Kemudian dipraktikkan langsung berdasarkan teori tersebut. Mahasiswa PPL pun sangat antusias dalam mempelajari cara membuat berita dan mulai memikirkan kira-kira mau mengambil judul apa yang sesuai, berkaitan dengan kegiatan di dalam atau di luar KUA. (Naf/JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA