Guna Optimalisasi Pelaksanaan EDM , Pengawas Madrasah Lakukan Monev di MIS Muhammadiyah 10 Karang Anyar

Rejang Lebong (HUMAS)---- Sulkafni,S.Pd selaku pengawas madrasah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Rejang Lebong, melakukan monitoring dan evaluasi (monev) di beberapa Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang menjadi wilayah binaannya, salah satunya MIS Muhammadiyah 10 Karang Anyar Curup Timur , pada Senin (07 Oktober 2024).

Dalam monev tersebut, Sulkafni menuturkan tujuan dari monev yang dilakukannya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah dan meningkatkan Evaluasi Diri Madrasah ( EDM ). “Pengawas adalah sebuah jabatan fungsional yang berkedudukan sebagai pelaksana teknis untuk melakukan pengawasan pendidikan terhadap sejumlah lembaga pendidikan, dalam upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar atau bimbingan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan,” tuturnya.

“Sedangkan tugas pokok dan fungsi seorang pengawas diantaranya adalah menyusun program pengawasan, melaksanakan pembinaan guru, memantau pelaksanaan standar isi, proses, standar kompetensi lulusan dan standar penilaian, melalui penilaian kinerja guru, serta melakukan evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan pada sekolah binaan,” imbuhnya.

Sulkafni,S.Pd melakukan pemantauan langsung untuk melihat Hasil Evaluasi Diri Madrasah ( EDM ) dan administrasi persiapan dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Dalam kesempatan itu, ia mengatakan kesiapan administrasi berpengaruh dalam pencapaian output pembelajaran. Keberhasilan seorang guru dalam kegiatan proses belajar mengajar dapat dilihat dari kesiapannya, dimulai dari persiapan administrasi pengajaran sampai kesiapan diri dalam menyampaikan materi pembelajaran, pengelolaan kelas hingga pada tahapan evaluasi pembelajaran,” terangnya.

“Dan Alhamdulillah setelah saya lihat, walaupun belum sempurna namun secara keseluruhan sudah dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Pada kegiatan monev tersebut, Burhan Fajri,S.Pd.I Kepala MIS Muhammadiyah 10 Karang Anyar  menyampaikan apresianyanya. “Kami merasa senang ketika pengawas datang ke tempat kami, karena kedatangannya selalu memberikan pencerahan, karena membimbing dan memberikan pengarahan kepada kami, bagaimana proses pengisian Evaluasi Madrasah dan proses belajar mengajar bisa berhasil mencapai tujuan yang diharapkan,” ungkapnya.(tesmil)


TERKAIT

Berita LAINNYA