Dorong Motivasi Hidup Sehat, MAN 2 Kepahiang Inisiasi Giat Aksi Bergizi

Giat Aksi Bergizi di MAN 2 Kepahiang

Kepahiang, MAN 2 (Humas) – Aksi bergizi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan siswa, tanpa kecuali siswa MAN 2 Kepahiang yang kontinu dilaksanakan. Begitu juga aksi bergizi hari ini dihadiri oleh Tim Puskesmas Pasar Kepahiang yang berlangsung di Lapangan MAN 2 Kepahiang, Selasa (19/9).

Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) MAN 2 Kepahiang Teni Hidayati, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan aksi bergizi bertujuan untuk  memberikan motivasi kepada para siswi/remaja  untuk memperhatikan pola hidup yang baik dan seimbang dengan menjalani masa remaja dengan baik.

Ketua Tim, Susilawati menyampaikan penyuluhan, bahwa aksi bergizi diawali dengan senam bersama, dilanjutkan sarapan pagi, dan minum tablet tambah darah. Saat sarapan kita harus perhatikan isi piring untuk menjaga kesehatan. “Pertama adalah karbohidrat, lauk-pauk, sayuran, dan buah-buahan. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah. Vitamin yang terkandung dalm sayur dan buah mengandung antioksidan dan membantu meningkatkan imunitas tubuh,” jelas Susi.

Edwin, ahli gizi menambahkan bahwa sebaiknya air minum dibawa dari rumah, yakni air minum yang sudah dimasak. “Selain karbohidrat, juga harus makan lauk-pauk dan buah. Lauk-pauk merupakan makanan sumber protein dan lemak, yang dapat meningkatkan imunitas, karena protein berperan dalam pembentukan immuglobin Mdab G yang secara spesifik dapat melawan virus,” urai Edwin.

“Minum tablet tambah darah adalah untuk menggantikan sel darah merah apabila remaja putri sedang menstruasi. Orang yang kurang sel darah merah mukanya pucat, lemas, letih, lunglai, pusing. Selain itu juga sebagai penambah sari makanan, yakni kerang, ciput, dan sumber zat besi lainnya. Jangan makan tablet tambah darah dalam keadaan perut kosong,” tutup Edwin. Erna

Editor:


TERKAIT

Berita LAINNYA