BALI (HUMAS) --- Tim Subbag Umum dan Humas serta Subbag Ortala, Kerukunan Umat Beragama (KUB) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu bertolak ke Provinsi Denpasar Bali. Rombongan yang dipimpin langsung Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Dr. H. Zahdi Taher.,M.HI melaksanakan studi tiru Kehumasan dan Pelayanan Satu Pintu Terpadu (PTSP) di Kota yang dikenal sebagai Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura itu.
Tim kerja Humas dan PTSP disambut oleh Kepala Bagian Tata Usaha Dr. Arjiman, M.Pd mewakili Kakanwil Komang Sri Marheni, S.Ag, M.Si serta jajaran Kemenag Bali. Sementara dari Bengkulu selain Kakanwil, juga ikut hadir Kabag Tata Usaha Drs. H. Hamdani, M.Pd, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Hj. Megaharyanti Zahdi, Wakil Ketua DWP May Hamdani, Subkor Umum dan Humas Sumardayakita.,S.H, Subkor Ortala KUB Dr. M. Sukrianto serta sejumlah tim hebat Umum dan Humas Bengkulu.
Dalam kesempatan itu Zahdi menyampaikan apresiasi dan pujian terhadap terobosan program Kehumasan dan PTSP di jajaran Kemenag Bali. Terutama dalam pengelolaan pelayanan Rumah Agama dan Keagamaan yang disinergikan dengan program Kehumasan dalam memberikan, mengelola penyebaran informasi terhadap program-program Kemenag.
‘’Karenanya kami hadir disini. Untuk ambil, tiru dan modifikasi (ATM) terobosan-terobosan yang telah dilaksanakan oleh Kanwil Bali agar bisa dikembangkan di Bengkulu,’’ ungkap Zahdi. Selasa, (21/6/2022).
Apalagi Kemenag Provinsi Bali telah diganjar penghargaan sebagai Pelayanan Publik kategori “Pelayanan Prima” tahun 2021 oleh Kementerian Pemberadayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB).
‘’Prestasi ini memang sudah sewajarnya diberikan oleh Bali. Karena kita ketahui, Bali adalah icon Indonesia, tujuan wisata internasional yang memang memiliki pemandangan yang indah, masyarakatnya yang ramah tamah, kebudayaan yang unik, dan memang terjaga dengan baik,’’ puji Kakanwil.
‘’Tetapi kami berharap jajaran Kemenag Bali juga ikut merasakan kenikmatan keindahan panorama alam di Bengkulu. Makanya kami tunggu kehadiran Kemenag Bali ke Bumi Raflesia,’’ pinta Kakanwil.
Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha Dr. Arjiman, M.Pd mewakili Kakanwil menyampaikan apresiasi dan bahagia kepada jajaran Kanwil Kemenag Bengkulu, yang telah melaksanakan kunjungan kerja di daerahnya.
“Semoga kunjungan dan silaturahmi ini mendapatkan keberkahan dari Tuhan YME,’’ ucapnya.
Menurut Arjiman, dipilihnya Provinsi ini sebagai studi tiru merupakan langkah tepat. Karena Kemenag Bali telah membuat terobosan berupa pelayanan Rumah Agama dan Keagamaan yang didalamnya terdapat fasilitas pendukung berupa ruang khusus program Penguatan Moderasi Beragama (PMB), Ruang Zona Integritas, Ruang Auditor Corner bahkan fasilitas pelayanan disabilitas.
‘’Program ini mendapatkan apresiasi dari Kementerian PANRB, sehingga kami diganjar penghargaan sebagai Pelayanan Publik kategori “Pelayanan Prima” tahun 2021,’’ bebernya.
‘’Apalagi Covid-19 dalam beberapa tahun yang lalu, menuntut kami untuk tetap memfasilitasi penggunaan layanan publik. Karenannya atas arahan Ibu Kakanwil, kami menciptakan inovasi terbaru dalam pengelolaan kehumasan berupa Rumah Digital Pelayanan Publik yakni Pelita (Pelayanan Inspiratif Terpercaya),’’ beber Arjiman.
Termasuk dalam program informasi-informasi media social, yang juga dituntut cepat, kreatif dan tepat dalam penyajian informasi berita mengenai program-program kerja Kemenag, terutama dalam mendukung PMB.
‘’Seperti sarana dan prasarana SUKMA, yakni Suara dan Kata masyarakat melalui program Podcast yang juga telah melalang buana ke semua penjuru Kemenag pusat,’’ demikian Arjiman.
Penulis : Tatang Wss --- Tim Dokumentasi Humas